ANALISIS PENYEBAB CACAT PRODUK DENGAN METODE HUMAN ERROR ASSESMENT REDUCTION TECHNIQUE (HEART) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA) (Studi Kasus Di PT. Sinar Semesta)

Hadi, Bagus Sholikhul (2022) ANALISIS PENYEBAB CACAT PRODUK DENGAN METODE HUMAN ERROR ASSESMENT REDUCTION TECHNIQUE (HEART) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA) (Studi Kasus Di PT. Sinar Semesta). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601601256_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601256_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)

Abstract

PT. Sinar Semesta merupakan salah satu perusahaan pengecoran logam yang menetapkan kualitas sebagai salah satu bagian dari strategi perusahaan. Kualitas menjadi faktor penting bagi produk PT. Sinar Semesta. Walaupun demikian, perusahaan masih dihadapkan pada masalah kualitas yaitu masih adanya produk yang belum memenuhi spesifikasi. Proses produksi di PT Sinar Semesta memiliki banyak cacat produk, salah satunya produk yang bermasalah di PT. Sinar Semesta yaitu baseplate R54. Dari data yang diperoleh di PT Sinar Semesta, diketahui masih banyak sekali sampah cacat produk yang terbuang setiap bulannya di bagian produksi baseplate R54 mengingat batas dari target maksimal sampah produksi adalah 4%. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis faktor penyebab terjadinya cacat produk baseplat R54. Proses produksi di PT Sinar semesta untuk produksi baseplate R54 ada beberapa tahapan, mulai dari pembuatan cetakan hingga finishing. Sebagian besar proses tahapan tersebut dilakukan oleh aktivitas manual, sehingga operator memiliki peran penting dalam pembuatan baseplate R54 agar mencapai produk yang maksimal. Maka dari itu, metode yang cocok digunakan dalam masalah ini adalah Human Error Probability Assessment and Reduction (HEART), dan metode Fault Tree Analysis (FTA) untuk analisa terjadinya suatu kegagalan atau kejadian yang tidak diharapkan, dan evaluasi sistem yang lebih baik. Hasil dari perhitungan berdasarkan analisa memperoleh 4 kegiatan kritis dimana salah satunya mempunyai probabilitas terbesar pada task 3.4 menuangkan leburan besi kecetakan dengan nilai HEP sebesar 7,999488. Selanjutnya dilakukan pembentukan pola keagagalan dengan FTA diketahui terdapat jenis cacat yaitu benda tidak tercetak dengan semppurna. Kemudian penyebab dari akar masalah didefinisikan dengan FTA hasilnya menunjukan kesalahan menuangkan leburan besi kecetakan yang disebabkan oleh kecepatan penuangan terlalu lambat, temperature tuang terlalu tinggi, penuangan terlalu banyak yang keluar dari cetakan. Rekomendasi yang bisa diberikan sesuai dari EPCs yang terpilih yaitu task untuk menuangkan leburan besi kecetakan dengan HEP sebesar 7,999488. Kata kunci : human error assessment reduction technique, fault tree analysis, baseplate R54, defective products.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:26
Last Modified: 25 Jan 2023 02:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27883

Actions (login required)

View Item View Item