FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM PROSES IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH (SAK EMKM) PADA UMKM DI KABUPATEN PATI (TAHUN 2020-2021)

Hartini, Srining (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM PROSES IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH (SAK EMKM) PADA UMKM DI KABUPATEN PATI (TAHUN 2020-2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401800166_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenjang pendidikan, sumber daya manusia, presepsi pelaku UMKM, sosialisasi SAK EMKM, kemampuan menyusun laporan keuangan, ukuran usaha, dan umur usaha terhadap proses implementasi SAK EMKM pada UMKM di Kabupaten Pati. Untuk keperluan tersebut, penelitian ini memilih 34 responden atau pelaku UMKM di Kabupaten Pati serta menguji apakah terdapat pengaruh pada setiap variabel independent terhadap variabel dependennya. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu berasal dari kuesioner yang disebar kepada responden serta data penelitian ini diolah menggunakan SPSS dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenjang pendidikan, presepsi pelaku UMKM, kemampuan menyusun laporan keuangan, dan umur usaha berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap proses implementasi SAK EMKM. Untuk variabel sumber daya manusia dan sosialisasi SAK EMKM berpengaruh secara signifikan namun berpengaruh negative terhadap proses implementasi SAK EMKM. Sedangkan untuk variabel ukuran usaha tidak berpengaruh terhadap proses implementasi SAK EMKM pada UMKM di Kabupaten Pati. Namun, secara simultan jenjang pendidikan, sumber daya manusia, presepsi pelaku UMKM, sosialisasi SAK EMKM, kemampuan menyusun laporan keuangan, ukuran usaha, dan umur usaha berpengaruh signifikan terhadap proses implementasi SAK EMKM di Kabupaten Pati. Kata kunci: jenjang pendidikan, sumber daya manusia, presepsi pelaku UMKM, sosialisasi SAK EMKM, kemampuan menyusun laporan keuangan, ukuran usaha, umur usaha, SAK EMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:33
Last Modified: 24 Jan 2023 07:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27882

Actions (login required)

View Item View Item