ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI VIDEO ANIMASI POWTOON PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

Larasati, Niken (2022) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI VIDEO ANIMASI POWTOON PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201700016_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201700016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)

Abstract

Pembelajaran di masa pandemi COVID-19 tak terlepas dari berbagai permasalahan, diantaranya kendala dalam pembelajaran yang menuntut kreativitas guru untuk mengembangkan pembelajaran dan masalah kemandirian belajar. Maka dalam kegiatan pembelajaran diterapkan blended learning dan menggunakan powtoon dengan menanamkan sikap kemandirian dalam belajar pada diri seorang siswa sehingga tujuan belajar akan dicapai. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian belajar siswa melalui video animasi powtoon pada pembelajaran blended learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket dan wawancara. Lembar angket berupa pernyataan kemandirian belajar yang terdiri dari 6 indikator yaitu 1) inisiatif dan motivasi belajar, 2) memandang kesulitan sebagai tantangan, 3) memilih dan menetapkan strategi belajar, 4) memahami, menyusun dan mengontrol belajar, 5) memanfatkan dan mencari sumber belajar yang relevan dan 6) konsep diri/kemampuan diri. Data dianalisis menggunakan cara reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa di SMP Bhakti Praja Kabupaten Tegal berada pada kategori sedang. Pada kategori tinggi sudah mampu memenuhi keenam indikator kemandirian belajar sehingga siswa sudah mandiri dalam belajar. Pada kategori sedang belum mampu memenuhi tiga indikator kemandirian belajar diantaranya a) memilih dan menerapkan strategi belajar, b) memahami, menyusun dan mengontrol belajar, c) konsep diri/kemampuan diri. Pada kategori rendah belum mampu memenuhi keenam indikator kemandirian belajar. Terdapat faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar, siswa kurang memiliki kesiapan dalam belajar sehingga tidak disiplin dan bertanggungjawab dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang pelajar. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Blended Learning, Video Animasi Powtoon

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:28
Last Modified: 24 Jan 2023 07:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27875

Actions (login required)

View Item View Item