IDENTIFIKASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ERA NEW NORMAL DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM

Arosi, Jaesi Aulia (2022) IDENTIFIKASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ERA NEW NORMAL DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201700014_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201700014_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)

Abstract

Kata kunci : Pembelajaran Matematika, Covid-19, Google Classroom. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana pemanfaatan fiturfitur pada aplikasi Google Classroom dalam pelajaran matematika secara daring di masa Pandemi covid-19 pada SMP Negeri 1 Mranggen Tahun Pelajaran 2021/2022. Pada penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas mengajar dalam pengggunaan aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran daring saat ini sebagai bahan masukan bagi guru matematika, sehingga kegiatan belajar mengajar diharapkan dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Instrumen yang digunakan berupa kuisoner dan wawancara. Lembar kuisoner berupa pernyataan berupa nama serta gambar dari beberapa fitur Google Classroom. Analisis dari penggunaan fitur Google Classroom pada saat pembelajaran matematika terdiri dari beberapa nilai pemanfaatannya yaitu selalu, sering, kadang-kadang, pernah, dan tidak pernah. Wawancara dilakukan untuk mengetahui alasan guru dari penggunaan beberapa fitur Google Classrooom yang tidak dimaksimalkan sebagai media pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan deskriptif-kualitatif. Berdasarkan pelaksanaan penelitian diperoleh data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Google Classroom sangat membantu dalam proses pembelajaran daring di era new normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penggunaan dari 21 fitur Google Classroom. Beberapa fitur yang telah diidentifikasi didapatkan beberapa fitur yang dibagi dengan nilai persentase tinggi dan rendah. Pada fitur yang memiliki persentase tinggi yaitu, bagikan tugas, sharing materi, bagikan catatan dengan memiliki persesntase masing-masing 100%. Sedangkan pada fitur yang memiliki persentase rendah ada 4 fitur yang dalam penggunaanya yang memiliki persentase rendah yaitu, fitur diskusi 32%, fitur polling 40%, fitur umpan balik (feedback) 48%, dan fitur berbagi video pembelajaran 36%. Pada penelitian ini pemanfaatan fitur dalam pembelajaran matematika secara daring diperoleh persentase penggunaan fitur Google Classroom sebesar 66% yang termasuk pada kategori sedang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:25
Last Modified: 25 Jan 2023 02:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27868

Actions (login required)

View Item View Item