ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED MATERI SPLDV DITINJAU DARI TAHAPAN KASTOLAN

Shofiawanti, Eny (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED MATERI SPLDV DITINJAU DARI TAHAPAN KASTOLAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201700003_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201700003_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal open ended materi SPLDV ditinjau dari tahapan kastolan. Penelitian ini di latar belakangi oleh siswa yang masih melakukan adanya kesalahan pada saat proses penyelesaian soal open ended materi SPLDV yang ditinjau dari tahapan kastolan. Subjek penelitian ini ditentukan dari hasil tes tertulis dan wawancara pada siswa kelas VIII MTs Raudlatusy Syubban dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes soal open ended dan tes wawancara. Subjek diambil dari hasil tes sebanyak 3 siswa yang sudah jenuh sebagai subjek kategori tinggi, sedang dan rendah. Instrumen pedoman wawancara digunakan untuk memperoleh data mengenai kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal open ended agar diperoleh data yang lebih jelas. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar tes tertulis soal tipe open ended, wawancara pada subjek terpilih, lembar observasi, dan dokumentasi selama kegiatan penelitian. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu siswa dalam menyelesaikan soal open ended materi SPLDV masih terdapat banyak kesalahan. Semua jenis kesalahan dalam tahapan kastolan telah ditemukan dalam penellitian ini yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan teknik. Pada kesalahan konseptual didapatkan bahwa masih banyak siswa yang salah dalam menerapkan konsep atau metode yang akan digunakan, pada kesalahan prosedural ini ketidaksesuaian langkah-langkah yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal ada beberapa yang terlewatkan dan tidak sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh soal, serta beberapa siswa tidak mampu dalam memanipulasi langkah-langkah untuk menjawab permasalahan dari soal sehingga jawaban tidak runtut. Kemudian yang terakhir adalah kesalahan teknik, pada kesalahan teknik ini siswa masih salah dalam menerapkan rumus, teorema maupun definisi serta dalam prosedur yang digunakan masih kurang tepat sehingga mengakibatkan jawaban yang kurang tepat. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Open Ended, Tahapan Kastolan, SPLDV

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:50
Last Modified: 26 Jan 2023 01:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27863

Actions (login required)

View Item View Item