ANALISIS PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM)

Putri, Ridha Martanti (2022) ANALISIS PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401800146_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)

Abstract

Penelitian yaitu memiliki tujuan guna menganalisa pengaruh penerapan sistem informasi akuntansi dan kualitas laporan keuangan pada perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM). Populasi yang digunakan pada penelitian yaitu pelaku usaha kecil beserta pelaku usaha menengah yang berada pada Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang yang menggunakan jumlah populasi yaitu sebesar 118 orang dengan menggunakan sampel sebanyak 78 orang dengan memakai teknik Purposive Sampling yang sesuai dengan kriteria sampel. Metode penelitian ini yaitu mempergunakan metode penelitian kuantitatif memakai pendekatan explanatory research serta memmakai data yaitu data primer yang menggunakan metode informasi lapangan (kuesioner). Teknik analisis data yang dipakai pada penelitian yaitu pengujian kualitas instrumen (Uji Kualitas mempergunakan bantuan software SPSS Statistics 26. Hasil dari semua uji kualitas data yaitu menghasilkan data yang digunakan valid serta reliabel, hasil dari uji asumsi klasik dengan data yang dipakai dalam penelitian yaitu telah dinyatakan semua variabel tidak adanya multikolinearitas serta data dalam penelitian ini sudah berdistribusi normal, lalu dalam hasil penelitian ini membuktikan secara individual penerapan sistem informasi akuntansi memberi pengaruh positif signifikan pada perkembangan usaha kecil dan menengah, sedangkan kualitas laporan keuangan memberi pengaruh positif pada UKM. Sedangkan jika dilihat secara simultan menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi maupun kualitas laporan keuangan bersamaan memberi pengaruh signifikan pada perkembangan usaha kecil dan menengah. Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Laporan Keuangan, Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:17
Last Modified: 24 Jan 2023 07:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27853

Actions (login required)

View Item View Item