PENGARUH EARNING PER SHARES, FINANCIAL LEVERAGE, DAN FREE CASH FLOW TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 -2020)

Ivana, Nia Farrah Ophelina (2022) PENGARUH EARNING PER SHARES, FINANCIAL LEVERAGE, DAN FREE CASH FLOW TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 -2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401800122_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh earning per shares, financial leverage, dan free cash flow terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Nilai perusahaan sebagai variabel terikat dihitung dengan menggunakan Tobin's Q. Variabel bebas terdiri dari leverage keuangan yang dihitung dengan utang dibagi modal, laba per saham diukur dengan laba bersih setelah pajak dibagi dengan jumlah saham yang beredar, dan arus kas bebas diukur dengan arus kas operasi dikurangi investasi bersih dibagi dengan total aset. Sedangkan variabel kontrolnya adalah ukuran perusahaan yang diukur dengan logaritma natural dari total aset. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016 – 2020. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan manufaktur di sektor industri dasar dan kimia serta ketentuan lainnya. Data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan dari masing-masing perusahaan. Analisis penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Earning Per Shares, Financial Leverage, dan Firm Size berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan Free Cash Flow berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Earning Per Shares, Financial Leverage, Free Cash Flow, dan Firm Siz

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:06
Last Modified: 24 Jan 2023 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27821

Actions (login required)

View Item View Item