PENGARUH FRAUD PENTAGON TERHADAP FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

Syafitri, Nela Taqiyya (2022) PENGARUH FRAUD PENTAGON TERHADAP FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401800121_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Tekanan (external pressure), Peluang (Nature Of Industry), Rasionalisasi (Nilai Akrual), Kemampuan (CEO Education) dan Arogansi (Frequent Number Of CEO’s Picture), Fraudulent Financial Reporting. Fraudulent Financial Reporting merupakan sajian laporan yang error atau lalai terhadap total dan pengatrolan yang bertujuan untuk menipu para stakeholder. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan perbankan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dimana sampel dipilih berdasarkan kriteria yang ditentukan peneliti dan didapatkan sampel sebanyak 80 perusahaan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian sekunder dimana data penelitian diperoleh dari laporan keuangan tahunan (Annual Report) yang diperoleh dari situs resmi perusahaan maupun situs resmi Bursa Efek Indonesia. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik regresi logistic diolah dengan menggunakan software SPSS 23 (for windows). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tekanan (External Pressure) tidak berpengaruh secara signifikan positif terhadap Fraudulent Financial Reporting. Peluang (Nature Of Industry) berpengaruh secara signifikan positif terhadap Fraudulent Financial Reporting. Rasionalisasi (Nilai Akrual) tidak berpengaruh secara signifikan positif terhadap Fraudulent Financial Reporting , Kemampuan (CEO Education) tidak berpengaruh secara signifikan negatif terhadap Fraudulent Financial Reporting, Arogansi (Frequent Number Of CEO’s Picture) tidak berpengaruh secara signifikan positif terhadap Fraudulent Financial Reporting. Kata kunci: Tekanan (external pressure), Peluang (Nature Of Industry), Rasionalisasi (Nilai Akrual), Kemampuan (CEO Education), Arogansi (Frequent Number Of CEO’s Picture), Fraudulent Financial Reporting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:06
Last Modified: 24 Jan 2023 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27820

Actions (login required)

View Item View Item