PENGARUH KOMPETENSI APARATUR DESA, PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI, SISTEM PENGENDALIANINTERNAL, DAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

Salsabila, Namira (2022) PENGARUH KOMPETENSI APARATUR DESA, PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI, SISTEM PENGENDALIANINTERNAL, DAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401800120_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)

Abstract

Akuntabilitas dana desa merupakan sebuah konsep yang harus digunakan secara tepat untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan sumberdaya kepada pihak berwenang yang berupa laporan keuangan dana desa. Peran akuntabilitas sangat penting untuk mencegah penyalahgunaan dan penyimpangan yang kerap terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi aparatur desa, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, sistem pengendalian internal dan penyajian laporan keuangan terhadap aakuntabilitas pengelolaan dana desa. Populasi dalam penelitian ini adalah pemerintah desa di Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal . Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh menghasilkan sampel sebanyak 200 responden . Penelitian ini menggunakan data primer. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi aparatur desa berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, sistem pengendalian internal berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, dan penyajian laporan keuangan berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Kata kunci : Kompetensi aparatur desa, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, sistem pengendalian internal, penyajian laporan keuangan, akuntabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:05
Last Modified: 24 Jan 2023 07:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27819

Actions (login required)

View Item View Item