ANALISA POSTUR KERJA TERHADAP KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDER (MSDs) DENGAN MENGGUNAKAN METODE OVAKO WORK ANALYSIS SYSTEM (OWAS) PADA UNIT PENYORTIRAN BARANG (studi kasus di CV. Karunia Mandiri)

Muslim, Amirul Akbar (2022) ANALISA POSTUR KERJA TERHADAP KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDER (MSDs) DENGAN MENGGUNAKAN METODE OVAKO WORK ANALYSIS SYSTEM (OWAS) PADA UNIT PENYORTIRAN BARANG (studi kasus di CV. Karunia Mandiri). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601601249_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601249_fullpdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

CV.Karunia mandiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa pengiriman barang.CV. Karunia Mandiri melayani pengiriman di berbagai daerah di Indonesia dan pengiriman dalam partai besar mapun kecil dan permintaan pengiriman begitu banyak. Pekerjaan seperti penurunan barang, pendataan barang, pemisahan barang, packing barang, dan pengiriman barang . Kegiatan yang dilakukan oleh pekerja juga memerlukan tenaga ekstra dimana pekerja dihadapkan dengan keadaan yang beban kerja fisiknya yang tidak menentu, yang dapat menimbulkan kondisi stres pekerja meningkat akibat tuntutan pekerjaan yang tinggi terkait pelayanan dengan pelanggan. Dalam hal ini diperlukan sebuah metode yang mampu meminimalkan keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) dengan cara menilai postur awal pada pekerja yaitu dengan menggunakan metode Ovako Work Analysis System (OWAS). Metode ini akan menilai postur kerja yang paling berpengaruh terhadap timbulnya keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) khususnya tubuh bagian bawah seperti tangan, punggung, kaki dan beban yang diangkat serta diteruskan dengan memberikan usulan perbaikan postur kerja. Setelah melakukan observasi dan wawancara, dilakukan pengumpulan data dengan menggukanan kuisioner Nordic Body Map. Berdasarkan perhitungan kuisioner Nordic Body Map pada proses pemisahan barang terdapat 1 orang dengan skor 86 yang berarti skor ≥ 71 dengan tingkat resiko sangat tinggi dan diperlukan tindakan saat ini juga. Kemudian terdapat 1 orang dengan skor 78 yang berarti skor ≥ 71 dengan tingkat resiko tinggi dan diperlukan tindakan segera. Selanjutnya dilakukan penilaian postur kerja pada proses pemisahan barang menggunakan metode Ovako Work Analysis System (OWAS) dengan tujuan agar mengetahui pada bagian tubuh mana yang sering sakit saat melakukan pekerjaan. Berdasarkan perhitungan metode OWAS pada proses pemisahan barang terdapat 6 kegiatan dimana terdapat 2 kegiatan yang mendapatkan skor action categories 3 yaitu kegiatan pertama dan keenam dengan tindakan perbaikan diperlukan segera. Dari 2 kegiatan tersebut mengusulkan melakukan perbaikan postur kerja. Setelah dilakukan perbaikan postur kerja, skor action categories yang pada awalnya masing-masing 3 pada kegiatan pertama dan ketiga berubah menjadi masing-masing 1. Kemudian diuji dengan kuisioner Nordic Body Map dan menunjukkan 2 pekerja pada proses pemisahan barang memiliki skor akhir yaitu 56, 62yang berarti ≤ 71 dengan tingkat resiko sedang dan mungkin diperlukan tindakan. Kata Kunci: CV. Karunia Mandiri, analisa Postur Kerja, Musculoskeletal Disorders (MSDS), Ovako Work Analysis System (OWAS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:14
Last Modified: 25 Jan 2023 02:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27812

Actions (login required)

View Item View Item