PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, KEPEMILIKAN SAHAM MANAJERIAL, INSTITUSIONAL DAN PUBLIK TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI 2016-2020)

Setiawan, Muhammad Farid (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, KEPEMILIKAN SAHAM MANAJERIAL, INSTITUSIONAL DAN PUBLIK TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI 2016-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401800105_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage¸kepemilikan saham manajerial, institusional dan publik terhadap agresifitas pajak. Agresivitas pajak adalah suatu tindakan merekayasa pendapatan kena pajak yang dilakukan oleh wajib pajak untuk mengurangi kewajiban pajak yang harus dibayarkan dengan cara legal maupun ilegal. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode tahun 2016-2020. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling menghasilkan sebanyak 120 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 25.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak. Leverage berpengaruh positif signifikan terhadap agresifitas pajak. Kepemilikan saham manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak. Kepemilikan saham institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap agresivitas pajak. Kepemilikan saham publik berpengaruh negatif signifikan terhadap agresivitas pajak. Kata Kunci : Agresivitas Pajak, Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Saham Manajerial, Kepemilikan Saham Institusional, Kepemilikan Saham Publik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:14
Last Modified: 25 Jan 2023 02:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27811

Actions (login required)

View Item View Item