ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Adhima, Mufida Fadla (2021) ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401800099_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Asing, Kepemilikan Pemerintah, dan Likuiditas terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan moderasi Dewan Komisaris Independen. Populasi dari penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang digunakan sebanyak 35 Perusahaan Manufaktur dengan menggunakan Data penelitian berupa Data Sekunder yang diperoleh dari annual report yang dipublikasi selama empat tahun (2017-2020). Analisis yang digunakan yakni Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap pengungkapan CSR, kepemilikan asing berpengaruh positif tehadap pengungkapan CSR, kepemilikan pemerintah dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Dewan komisaris independen dapat memperkuat hubungan kepemilikan institusional dengan pengungkapan CSR, dewan komisaris independen memperlemah hubungan kepemilikan asing dengan pengungkapan CSR. Hasil penelitian ini juga menyatakan bahwa Dewan komisaris independen tidak dapat memoderasi hubungan kepemilikan pemeirntah dan likuidtas terhadap pengungkapan CSR. Kata Kunci : Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Asing, Kepemilikan Pemerintah, Likuiditas, dan Dewan Komisaris Independen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:58
Last Modified: 24 Jan 2023 06:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27806

Actions (login required)

View Item View Item