PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU PRODUKSI PADA PT. PROMANUFACTURE INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE (AHP) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) (Studi Kasus Pada PT. Promanufacture Indonesia)

Jaya, M Yusef Sukron (2022) PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU PRODUKSI PADA PT. PROMANUFACTURE INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE (AHP) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) (Studi Kasus Pada PT. Promanufacture Indonesia). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601501220_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
Teknik Industri_31601501220_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada saat ini dunia industri manufacturing memiliki proses pengadaan yang sangat dominan guna memperoleh bahan baku yang sesuai dengan kriteria perusahaan salah satunya yaitu dengan memilih supplier yang tepat. PT Promanufacture Indonesia ialah perusahaan asal Amerika yang memproduksi Robotik yang membuat alat-alat untuk proses pengkristalisasi protein. Dalam penelitian ini, permasalahan PT. Promanufacture Indonesia adalah keterlambatan supplier dalam memasok bahan baku sehingga mengakibatkan proses produksi terhambat, oleh karena itu perlu dilakukan penentuan kriteria dan sub kriteria dari setiap supplier kemudian untuk menggetahui bagaimana kinerja suppliernya dapat ditetapkan supplier yang akan dipilih untuk memasok bahan baku yang ada di PT. Promanufacture Indonesia sehingga dapat menetapkan standar dalam pemilihan supplier, pemilihan supplier yang tepat akan mendapatkan hasil produksi yang optimal. Dalam penelitian ini tujuan utama yaitu mencari supplier terbaik yang sesuai dengan bobot kriteria dan subkriteria guna mencari rangking atau perangkingan di setiap supplier. Penelitian ini mengunakan metode Analytical hirarcky process dan Technique for order preference by similary metode ini diperlukan untuk mencari prioritas supplier terbaik. Penelitian diperoleh dari jawaban dari 3 responden. Pada metode AHP diperuntukan untuk memperoleh bobot kriteria dan subkriteria dengan menggunakan medode (TOPSIS) yang menggunakan nilai preference dari setiap alternatif yang akan menentukan supplier yang terbaik. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa terdapat 5 kriteria dengan 15 subkriteria, kinerja supplier terbaik memerhatikan bobot kritertia dengan nilai tertinggi pada kriteria (K1) yaitu kualitas dengan hasil pembobotan 0,34931 dan sub kriteria dengan nilai bobot tertinggi pada (SK1) Berdasarkan pemeringkatan dengan metode AHP diketahui bahwa bobot PT X sebagai alternatif supplier S1 memiliki nilai tertinggi yaitu 0,38833 dengan persentase 39% begitu pula dengan pemeringkatan dengan metode TOPSIS diketahui bahwa supplier rank tertinggi untuk penggunakan di PT Promanucfacture Indonesia metode TOPSIS ialah PT.X nilai preferensinya sejumlah 0,89068. Sehingga berdasarkan metode AHP dan TOPSIS supplier X merupakan supplier yang terbaik untuk dipertahankan. Kata kunci: Pemilihan Supplier, bahan baku, AHP, dan TOPSIS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:54
Last Modified: 24 Jan 2023 06:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27795

Actions (login required)

View Item View Item