PENGEMBANGAN MEDIA KARAMBA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN GEOMETRI BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY

Setyawan, Irham (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KARAMBA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN GEOMETRI BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201500239_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201500239_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract

Kata Kunci : media pembelajaran, bangun ruang, Augmented Reality Pemahaman konsep yang baik sangat dibutuhkan dalam kegiatan belajar matematika terutama dalam materi bangun ruang. Kemampuan untuk membuat visualisasi tentang suatu bangun ruang sangat erat kaitannya dengan pemahaman tentang bangun ruang tersebut. Media pembelajaran yang ada saat ini masih terkesan kuno dan kurang praktis sehingga belum maksimal dalam membantu peoses pembelajaran yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk siswa dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun ruang dengan menggunakan pembelajaran berbasis AR (Augmented Reality). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (r&d) yaitu metode penelitian yang bertujuan menghasilkan produk pengembangan bahan ajar berbasis Augmented Reality serta menguji efektivitas produk dan kemudian dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas V SD IT Bina Insani. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, ahli materi dan praktisi yang dalam hal ini adalah guru. Analisis data dalam penelitian ini dihitung berdasarkan prosentase isian lembar validasi. Setelah melalui proses validasi, diperoleh hasil penelitian dari segi aspek materi rata-rata keseluruhan sebesar 3,54, dari aspek media sebesar 3,87 dan dari segi aspek penyajian sebesar 3,60. Hasil akhir yang diperoleh adalah 3,67 sehingga aplikasi pembelajaran ini dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran bangun ruang dalam proses pembelajaran siswa kelas 5 SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:10
Last Modified: 25 Jan 2023 02:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27789

Actions (login required)

View Item View Item