Zaka, Hedi Mae (2022) Systematic Literature Review : Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Matematika_34201500237_fullpdf.pdf Download (949kB) |
|
Text
Pendidikan Matematika_34201500237_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Matematika Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern serta berperan dalam berbagai disiplin dan pengembangan proses berpikir manusia dalam kehidupanya. Salah satu tujuan matematika adalah kemampuan berpikir kreatif. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa itu belum optimal, rendahnya kemampuan berpikir kreatif diduga karena selama ini guru tidak berusaha menggali pengetahuan dan pemahaman siswanya tentang berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif matematis siswa dari tahun 2018-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SRL (Systematic Literatul Review). SRL ini peneliti lakukan dengan mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi serta menafsirkan semua penelitian yang tersedia. Dengan metode penelitian ini peneliti melakuakan review dan mengidentifkasi jurnal-jurnal secara sistematis yang pada setiap prosesnya mengikuti langkah-langkah yang telah ditetapkan. Dalam penelitian ini, terlihat bahwa kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika dapat ditingkatkan dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya dengan memenuhi indikator dari berpikir kreatif itu sendiri. Dengan demikian kemampuan berpikir kreatif siswa tidak lagi dalam ketegori rendah dalam memecahkan masalah matem
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 02:10 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 02:10 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27786 |
Actions (login required)
View Item |