PENGARUH PERILAKU KEBERAGAMAAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI DAN KETAATAN BERIBADAH PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 5 DEMAK

Vika, Wuki Nur (2022) PENGARUH PERILAKU KEBERAGAMAAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI DAN KETAATAN BERIBADAH PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 5 DEMAK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21502000016_fullpdf.pdf

Download (12MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)

Abstract

Pada saat proses pembelajaran berlangsung sebagian peserta didik kurang memperhatikan pembelajaran, diantara mereka ada yang sibuk berbincang dengan teman sebangkunya. sibuk mengerjakan tugas mata pelajaran lain ataupun sibuk dengan handphone-nya. Siswa menganggap pelajaran agama Islam dianggap tidak penting dan susah sehingga motivasi belajarnya rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Poputasi dalam penetitian ini adalah kelas VII SMP N 5 Detnak yang berjumlah 147 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan dengan tnenggunakan randotn sampling. Sampel dalarn penelitian ini berjumlah 99 orang. Teknik analisis data dengan menggunakan r product moment. Hasil penelitian menunjukkan perilaku keberagamaan orang tua diperoleh rata-rata nilai sebesar 83,52 termasuk kategori tinggi. Pada perhitungan tiap dimensi diperoleh pada dimensi keimanan sebesar 86%. dimensi komitmen sebesar 87%, dimensi ritual drtn sosial diperoleh--90%. dan dimensi pengetahuan aga,a dipereoleh 89%. Motivasi belajar PAI diperoleh rata-rata nilai sebesar 81.15 tennasuk kategori tinggi. Hasil perhitungan 1iap dimensi diperoleh adanya hasrat dan keinginan berhasil diperoleh 90%. adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar diperoleh 89%, adanya harapan dan cita-cita masa depan diperoleh 90%, adanya penghargaan dalam belajar diperoleh 91 % adanya kegialan yang menarik dalam belajar diperoleh 90% dan adanya 1ngkungan belajar yang kondusif diperoleh 90%. Ketaatan beribadah anak diperoleh rata-rata nilai sebesar 87,90% temasuk kategori tinggi. hasil perhilungan tiap dimensi yakni melaksnnakan shalat wajib 5 waktu diperoleh 84,8% melaksanakan puasa sebesar 88.7%. membaca alquran sebesar 90,6%. Ada pengaruh posi1if dan signifikan perilaku kebemgamaan orang tua terhadap motivasi belajar PAI. Hasil perhitungun r product moment. diperoleh nilai rhitung sebesar 0,353. Hal ini berarti, nilai rxy 0.353 > r label 0.1646 maka hipotesis pertama diterima. Artinya, ada pengaruh antara perilaku keberagamaan orang tua terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VII SMP N 5 Demak. Ada pengaruh positif dan signifikan perilaku kcberagamaan orang tua terhadap ketaatan beribadah siswa. Hal ini dilihat dari hasil perhitungan korelasi dengan menggunakan r product moment diperoleh nilai rhitung sebesar 0,400. Berdasarkan nilai r yang diperoleh. maka perlu dikonsultasikan dengan koefisien korelasi product moment pada tabel dengan N = 99 baik dalam taraf signifikan 5% diperoleh nilai 0,1646. dan pada taraf signifikan 1% dipcrotch nilai 02312. Hal ini berarti nilai rxy 0,400 > r tabcl 0,1646 maka hipotesis kedua diterima. Kata kunci: Perilaku Keberagamaan. Motivasi Belajar. Ketaatan Beribadah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:48
Last Modified: 24 Jan 2023 06:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27777

Actions (login required)

View Item View Item