ENINGKATAN MENYIMPULKAN ISI PUISI RAKYAT SECARA TULIS DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR PUISI MELALUI MODEL MIND MAPPING DAN MEDIA ARTI KATA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs N 2 KOTA SEMARANG

Lathifah, Silvania Zahrotul (2022) ENINGKATAN MENYIMPULKAN ISI PUISI RAKYAT SECARA TULIS DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR PUISI MELALUI MODEL MIND MAPPING DAN MEDIA ARTI KATA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs N 2 KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800029_fullpdf.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800029_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)

Abstract

kata kunci: Menyimpulkan isi, model mind mapping, media arti kata. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini peningkatan menyimpulkan puisi rakyat secara tulis dan perubahan perilaku peserta didik setelah menggunakan model mind mapping dan media arti kata. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan dalam menggunakan model mind mapping dan media arti kata pada pembelajaran puisi rakyat, (2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimpulkan menggunakan model mind mapping dan media arti kata pada pembelajaran puisi rakyat, (3) untuk mengetahui perubahan perilaku peserta didik dalam menggunakan model mind mapping dan media arti kata pada pembelajaran puisi rakyat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif sendiri berupa analisis data-data yang di peroleh dari pengelompokan data yang di deskripsikan yang di peroleh dari pengamatan dan wawancara. Semua data yang di peroleh digunakan untuk menganalisis data kualitatif melalui data nontes, untuk penelitian kuantitatif sendiri berupa menghitung nilai rata-rata yang di peroleh secara keseluruhan dan merekap nilai tes menyimpulkan puisi dengan dengan model mind mapping dibantu dengan media arti kata pada siklus I, siklus II, dan siklus III, kemudian menghitung nilai rata-rata yang di peroleh di setiap tindakan persiklusnya. Hasil penelitian penunjukkan: (1) aspek pengetahuan 69,27% dan aspek keterampilan 74,37% yang mengalami peningkatan pada siklus II aspek pengetahuan 79,38% dan aspek keterampilan 81,5%, dan menjadi meningkat pada siklus III aspek pengetahuan 83,16% dan aspek keterampilan 85,16%. (2) Perubahan perilaku yang di alami peserta didik setelah mendapatkan perlakuan dengan model mind mapping dan media arti kata pada pembelajaran menyimpulkan puisi rakyat mengalami peningkatan perubahan perilaku yang baik. Hasil pada tindakan siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan sebanyak 6,25%. Sedangkan berdasarkan hasil observasi keseluruhan tindakan kelas dari kategori 1 nilai rataratanya sebanyak 34,37%, kategori 2 dengan nilai rata-rata 22,93%, dan pada kategori 3 sebanyak 25%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:08
Last Modified: 25 Jan 2023 02:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27765

Actions (login required)

View Item View Item