Cholisa, Selvinia (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING DALAM MENYAJIKAN TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800028_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800028_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
Abstract
Kata Kunci: E-modul pembelajaran, mind mapping, teks persuasi. E-modul merupakan modul yang dalam penyajiannya menggunakan media elektronik, yang dapat dipelajari secara mandiri sesuai dengan kemampuan dan kecepatan peserta didik masing-masing. Berdasarkan hasil observasi di MTs Maslakul Huda Sluke, MTs N 1 Semarang, dan SMP IT Al Fateeh, diketahui bahwa penggunaan modul di sekolah belum banyak digunakan. Selama ini ketika pendidik mengajar hanya mengandalkan satu buku baik LKS atau buku paket saja yang isinya masih terbatas pada setiap materinya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan kebutuhan pengembangan e-modul pembelajaran berbasis mind mapping dalam menyajikan teks persuasi siswa kelas VIII SMP/MTs; (2) untuk mendeskripsikan karakteristik e-modul pembelajaran berbasis mind mapping dalam menyajikan teks persuasi siswa kelas VIII SMP/MTs; (3) untuk mendeskripsikan penyusunan prototipe emodul pembelajaran berbasis mind mapping dalam menyajikan teks persuasi siswa kelas VIII SMP/MTs; dan (4) untuk mendeskripsikan penilaian oleh ahli mengenai e-modul pembelajaran berbasis mind mapping dalam menyajikan teks persuasi siswa kelas VIII SMP/MTs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development). Adapun prosedur penelitian yang digunakan meliputi: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) uji validasi, dan 5) revisi e-modul. Sumber data pada penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik SMP/MTs untuk memperoleh data kebutuhan dan validator untuk uji validasi produk. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu 1) wawancara, 2) angket kebutuhan, dan 3) angket validasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menjadi data kebutuhan untuk penyusunan prototipe e-modul dan data uji validasi untuk penilaian e-modul yang dikembangkan oleh peneliti. Prototipe e-modul pembelajaran yang telah dikembangkan kemudian diuji validasikan oleh dua validator. Hasil penilaian prototipe e-modul pembelajaran berbasis mind mapping dalam menyajikan teks persuasi meliputi: 1) aspek materi/isi memperoleh nilai 83.33, 2) aspek penyajian materi memperoleh nilai 82.5, 3) aspek kebahasaan memperoleh nilai 93.33, dan 4) aspek kegrafikan memperoleh nilai 86. Peserta didik hendaknya meningkatkan semangat belajar dengan adanya emodul pembelajaran. Selain itu, saran dari peneliti untuk peneliti lain agar mengadakan penelitian lanjutan untuk menguji keefektifan e-modul pembelajaran berbasis mind mapping dalam menyajikan teks persuasi siswa kelas VIII SMP/MTs agar e-modul dapat digunakan secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 06:36 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 06:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27758 |
Actions (login required)
View Item |