ANALISIS PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, PENGENDALIAN PERSEPSI PERILAKU, DAN KEWAJIBAN MORAL TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DALAM MELAKSANAKAN KEWAJIBAN PERPAJAKANNYA (STUDI PADA UMKM WILAYAH SEMARANG)

Wati, Iis Naini Kurnia (2022) ANALISIS PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, PENGENDALIAN PERSEPSI PERILAKU, DAN KEWAJIBAN MORAL TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DALAM MELAKSANAKAN KEWAJIBAN PERPAJAKANNYA (STUDI PADA UMKM WILAYAH SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401800073_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)

Abstract

Perekonomian di Indonesia telah didominasi oleh sektor usaha yang berbasis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). UMKM sendiri mampu memberikan kontribusi yang cukup baik, hal ini memberikan peluang bagi pemerintah untuk memilih sektor ini dalam melakukan upaya peningkatan pajak. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap perkembangan ekonomi dengan melihat seberapa besar UMKM dalam melakukan kewajiban perpajakannya. Sikap, norma subjektif, pengendalian persepsi perilaku, kewajiban moral merupakan variabel independen dan kepatuhan wajib pajak merupakan variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini ialah UMKM yang berada pada Wilayah Semarang yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Penelitian ini menggunakan metode purposive random sampling dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, pengendalian persepsi perilaku berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan kewajiban moral tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata kunci : sikap, norma subjektif, pengendalian persepsi perilaku, kewajiban moral, kepatuhan wajib pajak, UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:35
Last Modified: 24 Jan 2023 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27755

Actions (login required)

View Item View Item