USULAN PENJADWALAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA NAWAZ ENSCORE AND HAM (NEH) UNTUK MINIMASI WAKTU PRODUKSI (Studi Kasus CV. New Bekaje Pati)

Quds, Syaiful Anas (2022) USULAN PENJADWALAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA NAWAZ ENSCORE AND HAM (NEH) UNTUK MINIMASI WAKTU PRODUKSI (Studi Kasus CV. New Bekaje Pati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601501181_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601501181_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

CV. New Bekaje adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang karoseri seperti pembuatan bak truck. Saat ini perusahaan tersebut menggunakan aturan First Come First Serve (FCFS). Metode First Come First Serve (FCFS) yaitu order yang tiba lebih awal akan dilayani terlebih dahulu. Berdasarkan pada bulan September 2022, terdapat keterlambatan pada proses produksi. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah meminimasi waktu penyelesaian produksi (makespan). Metode Algoritma Nawaz Enscore and Ham merupakan suatu metode yang dapat digunakan untuk menentukan urutan produksi yang optimal untuk meminimumkan makespan pada perusahaan dengan pola lantai produksi Flowshop. Dengan penerapan metode ini diharapkan mampu meminimasi waktu penyelesaian pada perusahaan. Berdasarkan pengolahan data, hasil penjadwalan produksi menggunakan metode yang diterapkan perusahaan mendapat hasil nilai makespan sebesar 3509,05 menit dengan urutan Bak A – Bak B – Bak C – Bak D, sedangkan dengan perhitungan metode Algoritma Nawaz Enscore and Ham mendapatkan nilai makespan sebesar 411 menit dengan urutan Bak D – Bak B – Bak A – Bak C. Penjadwalan produksi dengan metode Algoritma Nawaz Enscore and Ham dapat meminimumkan makespan sebesar 3210,85 menit. Sehingga dengan metode Algoritma Nawaz Enscore and Ham dapat menjadi solusi penyelesaian masalah penjadwalan untuk meminimasi makespan. Kata kunci : Nawaz Enscore and Ham, Penjadwalan produksi, makespan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:35
Last Modified: 24 Jan 2023 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27754

Actions (login required)

View Item View Item