PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PAD, DANA PERIMBANGAN, DAN SILPA TERHADAP BELANJA MODAL (Studi Pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Tengah 2018 – 2020)

Kusumaningrum, Iin Dyah Ayu (2022) PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PAD, DANA PERIMBANGAN, DAN SILPA TERHADAP BELANJA MODAL (Studi Pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Tengah 2018 – 2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401800072_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pertumbuhan ekonomi, pendapatan asli daerah, dana bagi hasil dan sisa lebih pembiayaan anggaran terhadap belanja modal. Belanja modal adalah pengeluaran anggaran untuk perolehan asset tetap dan asset lainnya yang memberi manfaat lebih dari satu periode akuntansi dan melebihi batas minimal kapitalisasi asset tetap/asset lainnya yang ditetapkan pemerintah daerah yaitu peralatan, bangunan, infrastruktur dan harta tetap lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. Sampel dalam penelitian menggunakan teknik pengambillan sampel jenuh (sensus sampling) yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Jumlah sampel yang digunakan adalah 105 sampel. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS 22. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan ekonomi, pendapatan asli daerah dan dana bagi hasil berpengaruh positif signifikan terhadap belanja modal, sedangkan variabel sisa lebih pembiayaan anggaran berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap belanja modal. Kata Kunci: pertumbuhan ekonomi, pendapatan asli daerah, dana bagi hasil, sisa lebih pembiayaan anggaran, belanja modal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:34
Last Modified: 24 Jan 2023 06:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27752

Actions (login required)

View Item View Item