STRATEGI PEMASARAN MERCHANDISE MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK ( STUDI KASUS UMKM UD. HOLA MERCH )

Pradana, Rakha Adji Noorpasha (2022) STRATEGI PEMASARAN MERCHANDISE MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK ( STUDI KASUS UMKM UD. HOLA MERCH ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601501154_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601501154_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

UD. Hola Merch merupakan usaha yang bergerak di bidang konveksi yang memproduksi berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari. Setelah dilakukan observasi dan wawancara dengan pihak manajemen UD. Hola Merch, ternyata terdapat berbagai permasalahan yang dialami oleh UD. Hola Merch, diantaranya yaitu menurun nya penjualan UD. Hola Merch dan banyak nya pesaing yang bermunculan. Selain itu, UD. Hola Merch tidak dapat mencapai target penjualan. Dari seluruh permasalahan tersebut, dapat dikatakan bahwa permasalahan utama pada UD. Hola Merch adalah penjualan yang tidak stabil dan cenderung mengalami penurunan hingga hanya terjual 50% dari target penjualan disebabkan karena banyak nya pesaing yang bermunculan. Oleh karena itu, UD. Hola Merch perlu membuat strategi guna untuk mendongkrak penjualan supaya lebih stabil dan mencapai target dan mengurangi barang sisa sehingga mendapatkan keuntungan yang maksimal, penelitian ini dengan metode SWOT dan metode AHP. Dengan penggunaan kedua metode ini akan mampu mengidentifikasi faktor-faktor berupa kelemahan, kekuatan, ancaman, dan peluang yang dimiliki UD. Hola Merch khususnya terkait pemasaran sehingga dapat merumuskan berbagai strategi pemasaran yang dapat meningkatkan volume penjualan. Berdasarkan pengolahan data dan analisa, diperoleh hasil berupa berbagai strategi perusahaan. Adapun strategi terbaik yang akan dijadikan sebagai usulan strategi utama yaitu Strength Opportunity (SO), karena alternatif strategi ini memiliki bobot tertinggi dengan total bobot sebesar 5,231. Beberapa alternatif strategi pada Strength Opportunity (SO) ini, yaitu Membuat design dan bahan yang ekslusif yang di produksi sekali dan tidak di produksi lagi setelah nya, ini di minati dikarenakan anak muda sekarang lebih menyukai hal hal yang ekslusif dan terkesan langka yang membuat lebih percayadiri di dalam bersosialisasi atau bergaul, menggandeng para infulencer dengan mengluarkan produk kolaborasi dimana setiap influencer pasti mempunyai fans dan masa yang diharapkan tertarik dengan produk kolaborasi, melakukan promosi demi menjangkau calon pembeli lebih luas dengan promosi promosi memalui influencer atau public figure. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Meningkatkan Penjualan, Metode SWOT dan AHP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:33
Last Modified: 24 Jan 2023 06:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27750

Actions (login required)

View Item View Item