Model Peningkatan Kinerja Usaha Ritel Fashion Berbasis Manajemen Pengetahuan Dan Keinovasian Marketing (Studi Kasus pada Usaha Ritel Fashion di Kota Semarang)

Cahyono, Arif Didik (2015) Model Peningkatan Kinerja Usaha Ritel Fashion Berbasis Manajemen Pengetahuan Dan Keinovasian Marketing (Studi Kasus pada Usaha Ritel Fashion di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kinerja seseorang dapat berkembang secara optimal jika mereka mempunyai strategi untuk mengelola dan menggunakan basis pengetahuan secara optimal dari aset intelektual yang mereka miliki atau lebih dikenal dengan konsep knowledge-based business yaitu strategi bisnis berbasis pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh knowledge management melalui akuisisi pengetahuan, berbagi pengetahuan dan pemanfaatan pengetahuan terhadap kinerja bisnis usaha ritel fashion di Kota Semarang dengan keinovasian marketing sebagai variabel intervening.. Populasi adalah seluruh pemilik dan karyawan jasa ritel fashion yang ada di Kota Semarang. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu diperoleh jumlah sampel sebesar 100 responden. Alat analisisnya adalah path analisis, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuisisi pengetahuan, berbagi pengetahuan dan pemanfaatan pengetahuan terbukti mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keinovasian marketing. Akuisisi pengetahuan mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja bisnis. Berbagi pengetahuan mempunyai pengaruh yang signifikan positif terhadap kinerja bisnis, dapat diartikan bahwa semakin tinggi pemilik dan karyawan usaha ritel fashion memiliki kesempatan yang luas dalam menyampaikan pendapat, ide, kritikan, dan komentarnya kepada anggota lainnya, maka akan semakin meningkatkan kinerja bisnis perusahaan. Pemanfaatan pengetahuan terbuksi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis. Keinovasian marketing mempunyai pengaruh signifikan positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis, dapat diartikan bahwa semakin tinggi pemilik dan karyawan usaha ritel fashion mampu menciptakan ide-ide yang berkaitan dengan produk baru bagi perusahaan, maka akan semakin meningkatkan kinerja bisnis perusahaan. Kata Kunci : Akuisisi pengetahuan, berbagi pengetahuan, pemanfaatan pengetahuan, keinovasian marketing dan kinerja bisnis..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Feb 2016 01:38
Last Modified: 05 Feb 2016 01:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2774

Actions (login required)

View Item View Item