ANALISIS RISIKO KERJA PADA DEPARTEMEN PRODUKSI PIPA MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESMENT AND RISK CONTROL (Studi kasus : PT. XYZ)

Toyib, Muhamat Abu (2022) ANALISIS RISIKO KERJA PADA DEPARTEMEN PRODUKSI PIPA MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESMENT AND RISK CONTROL (Studi kasus : PT. XYZ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601501123_fullpdf.pdf

Download (900kB)
[img] Text
Teknik Industri_31601501123_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan usaha meminimalkan adanya kecelakaan pada pelaksanaan pekerjaan. Pelaksanaan sistem keselamatan dan kesehatan kerja diwajibkan setiap perusahaan dalam proses produksinya. PT.XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi pipa, dalam pratek produksinya perusahaan masih dalam bertahap dalam penyediaan alat pelindung diri dan pekerjaan pembuatan pipa semi otomatis. Permasalahan masih terjadi kecelakan kerja pada perusahaan karena tingginya tingkat produksi dan kondisi lingkungan perusahaan serta kompetensi pekerja. Analisa risiko kerja kegiatan pada produksi pipa menggunakan Hazard Identification Risk Assesment and Risk Control (HIRARC) untuk menggali potensi bahaya atau mengidentifikasi bahaya menggunakan tools job safety analysis berdasarkan langkah ditemukan 38 potensi bahaya yang kemudian dilakukan validitas dan realibilitas data, kemudian penilaian risiko untuk menilai kemungkinan, kepararahan dan tingkatan risiko menggunakan standar Australian /New Zealand Standar 4360. Selanjutnya pengendalian risiko dilakukan agar proses produksi perusahaan yang aman. Hasil analisa penialian risiko pada produksi pipa terdapat 15 resiko rendah, 12 risiko sedang, 1 risiko tinggi dan 1 ekstrem. Pengendalian risiko terdapat 3 bahaya yang belum terealisasikan pada proses produksi pipa sperti bahan yang melintang, roll yang berserakan dan fasilitas yang memadai. Hasil penelitian merekomendasikan perbaikan secara rekayasa teknis, administrasi dan penyediaan alat pelindung diri. Kata kunci : Keselamaatan dan Kesehatan Kerja, Hazard Identification Risk Assesment and Risk Control, Bahaya, Risiko, Australian / New Zealand Standar 4360, Produksi Pipa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:29
Last Modified: 24 Jan 2023 04:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27734

Actions (login required)

View Item View Item