NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KUMPULAN CERPEN PADA LAMAN CERPENMU.COM EDISI CERPEN PILIHAN BULAN NOVEMBER 2021 DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN TEKS CERPEN KELAS IX

Safitri, Lia Nur (2022) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KUMPULAN CERPEN PADA LAMAN CERPENMU.COM EDISI CERPEN PILIHAN BULAN NOVEMBER 2021 DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN TEKS CERPEN KELAS IX. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800021_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800021_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)

Abstract

Kata kunci: nilai pendidikan karakter, kumpulan cerpen, pembelajaran teks cerpen. Rumusan masalah dalam penelitian ini mengenai nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kumpulan cerpen pada laman cerpenmu.com edisi cerpen pilihan bulan November 2021 dan relevansi nilai pendidikan karakter terhadap materi teks cerpen kelas IX. Tujuannya untuk 1) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kumpulan cerpen. 2) mendeskripsikan relevansi nilai pendidikan karakter. Analisis nilai pendidikan karakter berdasarkan 18 nilai Pancasila dalam PERMENDIKBUD RI No. 20 Tahun 2018. Secara keseluruhan terdapat 67 data. 13 macam pendidikan karakter, yakni 24 data nilai pendidikan karakter religius, 4 data pendidikan karakter gemar membaca, 1 data pendidikan karakter mandiri, 10 data pendidikan karakter bekerja keras, 2 data pendidikan karakter rasa ingin tahu, 2 data pendidikan karakter kreatif, 4 data pendidikan karakter komunikatif, 2 data pendidikan karakter menghargai prestasi, 8 data pendidikan karakter peduli sosial, 5 data pendidikan karakter cinta tanah air, 3 data pendidikan karakter semangat kebangsaan, dan 1 data pendidikan karakter peduli lingkungan yang dikategorikan berdasarkan 4 konteks dari Nurgiyantoro (2009). Konsep pendidikan karakter yang menggambarkan hubungan manusia dengan tuhan terdapat 24 data nilai religius. Hubungan manusia dengan dirinya sendiri 20 data. Hubungan manusia dengan masyarakat 14 data. Hubungan manusia dengan lingkungan 9 data. Relevansi nilai pendidikan karakter kumpulan cerpen dengan materi teks cerpen kelas IX SK 7 dan KD 7.2. Nilai-nilai pendidikan karakter yang relavan dengan nilai-nilai kehidupan dalam cerpen yakni nilai agama relavan dengan nilai pendidikan karakter religius, nilai pendidikan relevan dengan nilai pendidikan karakter gemar membaca, mandiri, bekerja keras, rasa ingin tahu, dan kreatif. Nilai moral relevan dengan pendidikan karakter bertanggung jawab, komunikatif, menghargai prestasi, dan peduli sosial. Nilai pendidikan karakter yang relevan dengan nilai kehidupan yang berupa nilai sosial yakni cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:13
Last Modified: 24 Jan 2023 04:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27728

Actions (login required)

View Item View Item