ANALISIS PENGENDALIAN BAHAN BAKU PISANG AMBON MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY ( EOQ ) ( Studi Kasus : UD. Banana Speed Bandungan )

PRIYANDARU, INTEN BAGUS (2022) ANALISIS PENGENDALIAN BAHAN BAKU PISANG AMBON MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY ( EOQ ) ( Studi Kasus : UD. Banana Speed Bandungan ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601501106_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601501106_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

UD. Banana Speed Bandungan merupakan salah satu industri yang bergerak dibidang perdagangan buah pisang ambon yang berada di Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Usaha dagang ini bahan baku utama nya adalah pisang ambon mentah. Dimana bahan baku yang mereka pakai langsung di pesan dari wilayah Lampung di Provinsi Sumatra, pengorderan dilakukan setiap 2 hari sekali. UD. Banana Speed Bandungan ini memproduksi pisang ambon dimana pembuatannya memerlukan proses yang cukup lama, untuk mematangkannya sendiri memerlukan waktu 3 hari. kemudian nantinya masih perlu melakukan proses pengemasan dengan keranjang sebelum akhirnya bisa dipasarkan. Dari pemilik usaha mengatur pengelolaan persediaan bahan baku dengan cara melakukan pembelian bahan baku dengan menambah proporsi 5% dari pembelian bulan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah barang yang akan dipesan dan meminimalisir pengeluaran biaya baku serta untuk merencakan berapa kali bahan bahku yang harus dibeli untuk setiap pembelian.dari pengamatan latar belakang dapat ditentukan metode paling tepat yaitu metode EOQ. Dimana metode tersebut mengacu pada 1 item / item tunggal yaitu pisang. Berdasarkan perhitungan menggukan metode EOQ yang digunakan sebagai pertimbangan untuk mengetahui penetapan persedian bahan baku, pengamanan bahan baku (safety stock) serta dapat menentukan kapan pemesanan kembali (Reorder Point) dilakukan dan jumlah pemesanan bahan baku yang meminimalkan biaya total persediaan terjadi penghematan biaya pada bulan november 2020 Rp, Rp35.045.549. Hal ini berarti dengan menggunakan metode EOQ dalam perhitungan pengendalian bahan baku lebih optimal terhadap biaya total persediaan dalam penerapannya. maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan adalah kebutuhan bahan baku pada bulan oktober 2021 dengan menggunakan metode Trend projection. Peramalan kebutuhan bahan pada baku bulan November 2021 sebesar 25,59 ton atau dibulatkan menjadi 26 ton. Serta Penghematan total biaya persediaan yaitu bulan november 2020 Rp, Rp35.045.549,.Pembelian bahan baku dengan menggunakan metode EOQ dapat diketahui pada bulan November 2020 dengan frekuensi pembelian sebanyak 2,19 atau 2 kali pembelian dalam setiap bulan dengan setiap pembelian bahan baku saat persediaan 6,58 ton maka persediaan masih tersisa 6,58 ton dan pembelian bahan baku sebesar 21,91 setiap kali beli pada bulan november 2020 ton agar tidak melebihi maximum inventory 28,49 ton. Kata Kunci : UD. Banana Speed Bandungan. EOQ

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:31
Last Modified: 24 Jan 2023 03:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27723

Actions (login required)

View Item View Item