IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH AL-IRSYAD GAJAH DEMAK

Albab, Muhammad Cholil (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH AL-IRSYAD GAJAH DEMAK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21502000008_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)

Abstract

Persoalan karakter menjadi persoalan yang penting , terutama oleh para penggiat pendidikan. Madrasah Aliyah Al-Irsyad mengaplikasikan pendidikan akhlak sebagai pembentukan karakter anak menjadi hal yang sangat diprioritaskan. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk karakter religius dan kedisiplinan peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah Demak. 2) Mengetahui dan mendeskripsikan dampak positif pendidikan akhlak terhadap karakter religius dan kedisiplinan peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah Demak. 3) Mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan akhlak dalam membentuk karakter religius dan kedisiplinan di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah Demak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif analistik.Tempat di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah Demak, waktu penelitian pada bulan April 2022. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Tehnik pengumpulan data adalah dengan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Kriteria keabsahan data adalah 1) Trianggulasi, 2) Keabsahan Konstruk, 3) Keabsahan Internal, 4) Keabsahan Eksternal, dan 5) Keajegan.Analisis data dan interpretasi data adalah pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian sebagai berikut:1) Implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah Demak meliputi bersalaman pada saat datang pagi hari, kemudian membaca asmaul husna, istigasah, membaca doa pada jam pertama, Salat zuhur berjamaah, hafalan juz amma, pekan dana sosial, fasalatan, salat duha dan tahfiz Al-Qur’an. Kemudian pendidikan akhlak dalam membentuk karakter kedisiplinan, Pramuka, Pencak Silat, Patroli Keamanan, PMR, bimbingan konseling, hukuman edukatif, pembelajaran di kelas yang dimulai dan juga pulang tepat waktu, IPNU dan IPPNU, Saka Bhakti Husada.2) Tingkat keberhasilan pendidikan akhlak dalam meningkatkan karakter religius dan kedisiplinan peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah Demak diantaranya akhlak peserta didik menjadi lebih baik, tingkat kedisplinan lebih baik lagi. Peserta didik menjadi lebih rajin beribadah dan patuh pada tatatertib.3) Faktor pendukung pendidikan karakter pada aspek religius dan kedisiplinan di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah Demak adalah kerjasama guru, kultur keagamaan di lingkungan masyarakat, dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambat adalah keterbatasan waktu, sehingga guru tidak bisa memantau keberadaan anak diluar jam sekolah, selain itu juga keterbatasan anggaran. Kata Kunci: Pendidikan, Akhlak, Karakter, Religius, Kedisiplinan, MA Al-Irsyad Gajah Demak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:12
Last Modified: 24 Jan 2023 04:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27712

Actions (login required)

View Item View Item