BAHASA GAUL DALAM TUTURAN LISAN VIDEO TIKTOK HUSAIN BASYAIBAN PADA PERIODE 2021 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS CERAMAH DI KELAS XI

Ida, Galuh Halimatus Sa (2022) BAHASA GAUL DALAM TUTURAN LISAN VIDEO TIKTOK HUSAIN BASYAIBAN PADA PERIODE 2021 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS CERAMAH DI KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800018_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)

Abstract

Kata Kunci: Bahasa Gaul, TikTok Husain Basyaiban, dan Ceramah Bahasa gaul merupakan variasi bahasa berdasarkan pemakai, pada golongan dialek sosial yang biasanya digunakan oleh kalangan remaja. Bahasa gaul lebih disukai oleh kalangan remaja karena sifatnya yang fleksibel dan trendi. Video TikTok Husain Basyaiban menyajikan konten dakwah yang menggunakan bahasa gaul sehingga dapat mengedukasi para pengikut dan pengguna TikTok mengenai ajaran agama Islam. Oleh karena itu bahasa gaul dalam tuturan lisan video TikTok Husain Basyaiban pada periode 2021 menarik untuk dibahas. Penelitian ini meliputi berbagai permasalahan yakni: (1) Bentuk bahasa gaul dalam tuturan lisan video TikTok Husain Basyaiban pada periode 2021? (2) Fungsi bahasa gaul dalam tuturan lisan video TikTok Husain Basyaiban pada periode 2021? (3) Implikasinya bagi pembelajaran pembelajaran bahasa Indonesia di SMA? Penelitian ini mendeskripsikan bentuk dan fungsi bahasa gaul dalam video TikTok Husain Basyaiban, kemudian diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada teks ceramah. Penelitian ini dimanfaatkan sebagai pengembangan ilmu bahasa terutama kajian sosiolinguistik dan sumber informasi mengenai bahasa gaul. Penelitian mengenai bahasa gaul ini menggunakan teori sosiolinguistik yang memandang bahasa sebagai sistem sosial dan komunikasi serta merupakan bagian dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata, frasa, dan klausa dari video TikTok Husain Basyaiban pada periode 2021. Teknik penelitian ini menggunakan teknik simak dan dilanjutkan dengan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode padan. Hasil penelitian ini ditemukan: (1) Bentuk bahasa gaul ditemukan sejumlah 83 data yang terbagi menjadi dua yaitu kata tunggal dan kata kompleks. Data kata tunggal sebanyak 45 data dan data kata kompleks sebanyak 38 data. Data kata kompleks berupa 9 data afiksasi, 4 data reduplikasi, dan 25 data abreviasi. Data abreviasi meliputi 10 data singkatan, 3 data penggalan, dan 12 data akronim. (2) Fungsi bahasa gaul ditemukan sejumlah 51 data yang meliputi 8 data fungsi mengakrabkan, 6 data fungsi merahasiakan sesuatu, 14 data fungsi menyindir, 14 data fungsi mengungkapkan perasaan, 6 data fungsi mengejek, dan 3 data fungsi menasehati. (3) Hasil penelitian dapat diimplikasikan dalam pembelajaran menulis ceramah di kelas XI. Guru dapat menggunakan hasil penelitian sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran yang disampaikan melalui rencana pelaksanaan pembelajaran. Hanya beberapa data bahasa gaul dalam taraf sopan dan wajar yang dapat digunakan sebagai implikasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:05
Last Modified: 24 Jan 2023 04:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27709

Actions (login required)

View Item View Item