PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KETRAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU PAI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK

Kumaedah, Kumaedah (2022) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KETRAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU PAI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21502000007_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)

Abstract

Tujuan penelitian: 1) untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru PAI Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Dempet Kabupaten Demak, 2) untuk mengetahui pengaruh ketrampilan mengajar terhadap kinerja guru PAI di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Dempet Kabupaten Demak, 3) untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan ketrampilan mengajar secara bersama-sama terhadap kinerja guru PAI di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah kuantiatif. Penelitian ini bertempat di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Dempet Kabupaten Demak, dengan sampel 34 Guru Agama Islam. Instrumen penelitian menggunakan angket. Analisis data dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi/ Persyaratan, analisis regresi linier. Hasil penelitian 1) Ada pengaruh motivasi kerja guru PAI terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Motivasi kerja guru PAI berkontribusi sebesar 39,2% mempengaruhi kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Artinya bahwa guru yang memiliki motivasi kerja akan berusaha menunjukkan kinerja yang terbaik karena terdorong dari motivasi intern yaitu kebutuhan hidup sehingga perlu bekerja dan terdorong dari motivasi eskteren yaitu tugas pokok sebagai guru. 2) Ada pengaruh keterampilan mengajar guru PAI terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Keterampilan mengajar guru PAI berkontribusi sebesar 81,8% mempengaruhi kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Artinya bahwa semakin guru memiliki berbagai ketrampilan seperti ketrampilan membuka, mengisi dan menutup pelajaran maka secara tidak langsung guru tersebut telah menunjukkan standar kinerjanya. dan semakin tinggi ketrampilan mengajar guru maka guru akan semakin dapat memperlancar kinerjanya. 3) Ada pengaruh motivasi kerja dan keterampilan mengajar guru PAI terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Berdasarkan berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Motivasi kerja dan keterampilan mengajar guru PAI berkontribusi sebesar 83,2% mempengaruhi kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. ini artinya bahwa motivasi kerja dan ketrampilan mengajar sama sama menjadi faktor penting yang dapat meningkatkan guru, hal ini dikarenakan motivasi menjadi dorongan batiniyah dan ketrampilan mengajar menjadi dorongan teknis untuk seorang guru dalam melaksanakan tugasnya dalam mengajar. Kata Kunci: Motivasi kerja, ketrampilan mengajar dan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:05
Last Modified: 24 Jan 2023 04:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27707

Actions (login required)

View Item View Item