KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN SURAT BERHARGA SYARIAH, DAN ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI DETERMINAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi Kasus Pada Perusahaan Asuransi Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keungan (OJK) Periode 2017-2020)

Sukowati, Diah Ayu (2022) KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN SURAT BERHARGA SYARIAH, DAN ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI DETERMINAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi Kasus Pada Perusahaan Asuransi Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keungan (OJK) Periode 2017-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text
31401800050_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Islamic Social Reporting (ISR) merupakan sebuah standar alternatif yang digunakan untuk mengatur pelaporan tanggung jawab sosial perusahaan yang menggunakan basis syariah islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, kepemilikan surat berharga syariah, dan Islamic Corporate Governance (ICG) terhadap Islamic Social Reporting (ISR). Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan asuransi syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2017-2020. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 172. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan data sekunder yang bersumber dari laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan. Observasi teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS Versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), kepemilikan surat berharga syariah berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), dan Islamic Corporate Governance (ICG) berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kepemilikan Surat Berharga Syariah, Islamic Corporate Governance, Islamic Social Reporting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:57
Last Modified: 24 Jan 2023 03:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27706

Actions (login required)

View Item View Item