ANALISIS KESALAHAN STRUKTUR DAN BAHASA SURAT PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI KELAS VII SMP IT AL - FATEEH TAHUN AJARAN 2021/2022

Ramadhani, Elsa Wini (2022) ANALISIS KESALAHAN STRUKTUR DAN BAHASA SURAT PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI KELAS VII SMP IT AL - FATEEH TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800016_fullpdf.pdf

Download (15MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)

Abstract

Kata kunci: kesalahan struktur surat, kesalahan bahasa, surat resmi. Studi tentang bahasa yang berhubungan dengan keterampilan berbahasa menarik untuk dikaji. Salah satu bidang yang menarik untuk dikaji ialah struktur dan bahasa surat resmi. Struktur dan bahasa surat resmi merupakan salah satu cabang linguistik yang digunakan masyarakat secara umum. Salah satunya pada pembelajaran surat resmi. Beberapa siswa masih mengalami kesalahan dalam penulisan surat resmi. Terdapat dua permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kesalahan struktur surat yang terdapat pada surat resmi siswa kelas VII SMP IT Al – Fateeh dan perbaikannya? (2) bagaimana kesalahan bahasa yang terdapat pada surat resmi siswa kelas VII SMP IT Al – Fateeh dan perbaikannya?. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan struktur dan bahasa surat yang terdapat pada surat resmi siswa kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik baca dan catat. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga proses kegiatan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian dan pembahasan ditemukan (1) Bentuk kesalahan struktur pada surat resmi siswa kelas VII terdapat 211 kesalahan yang meliputi kepala surat 26, tanggal surat 19, nomor surat 26, lampiran 14, hal 7, alamat surat 25, salam pembuka 15, isi 7, salam penutup 21, nama jelas dan tanda tangan 25, tembusan 26. (2) Bentuk kesalahan bahasa pada surat resmi siswa kelas VII terdapat 444 kesalahan yang terdiri atas bahasa baku 47, kalimat efektif 6, penggunaan tanda baca 212, penggunaan huruf kapital 222. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan referensi penelitian sejenis selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:47
Last Modified: 24 Jan 2023 03:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27700

Actions (login required)

View Item View Item