PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN EKONOMI KELUARGA (Studi Kasus Di Desa Sayung Kecamatan Sayung Kabupaten Demak)

Mustaghfiroh, Sikhah Inayatul (2022) PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN EKONOMI KELUARGA (Studi Kasus Di Desa Sayung Kecamatan Sayung Kabupaten Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30501800074_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Kemiskinan menjadi masalah besar yang dihadapi oleh semua negara apalagi negara berkembang seperti Indonesia. Kemiskinan di Indonesia setiap tahunnya meningkat apalagi di tambah adanya pandemi COVID19 selama kurang lebih 2 tahun yang melanda dunia termasu indonesia. Masyarakat miskin yang susah bertambah susah karna adanya sejumla pembatasan-pembatasan dan sebagian kehilangan mata pencaharian-nya akan tetapi kebutuhan setiap harinya harus mereka penuhi. Dengan adanya program keluarga harapan (PKH) dari pemerintah sejak tahun 2007 untuk membantu menanggulangi kemiskinan dan percepatannya, masyarakat miskin setiap bulannya mendapatkan bantuanberupa uang tunai dan sembako untuk membantu memenuhi kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran program keluarga harapan (PKH) dalam upaya mwujudkan ketahanan ekonomi keluarga di Desa Sayung Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik ini mengumpulkan data menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan program keluarga harapan (PKH) di Desa Sayung sudah berjalan lancar 2) peran program keluarga harapan (PKH) sangat membantu masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut karna dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahtraan mereka 3) perlu diadakannya surve kepada para penerima PKH kembali karna masih ada masyarakat miskin yang belum mendapatkan bantuan tersebut 4) perlu peninjauan kembali kepada para penerima PKH yang sudah menerima bantuan lebih dari 5 tahun yang kemungkinan sudah lulus dan mampu dalam segi perekonomian dan di gantikan kepada yang lebih berhak 5) dalam segi ketahahana ekonomi keluarga para penerima PKH di Desa Sayung Demak rata-rata istri hannya mengurus rumah dan anak jarang yang ikut membantu bekerja maupun membuat usaha kecil-kecilan di rumah untuk membantu menambah pemasukan keluarga, hannya mengandalkan nafkah suami dan bantuan PKH.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:11
Last Modified: 24 Jan 2023 03:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27677

Actions (login required)

View Item View Item