PENGARUH SAK EMKM TERHADAP PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA UMKM DENGAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus UMKM di Semarang Timur)

Sa’adah, Dewy Nurus (2022) PENGARUH SAK EMKM TERHADAP PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA UMKM DENGAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus UMKM di Semarang Timur). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401800047_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

UMKM adalah usaha yang dikelola oleh perorangan maupun kelompok yang menjadi sarana untuk meningkatkan perekonomian bangsa dan negara. Namun, tidak sedikit para UMKM ini tidak memiliki laporan keuangan yang berkualitas sesuai dengan SAK EMKM, dan juga UMKM dalam proses pengambilan keputusan hanya berdasarkan pengalaman saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah para UMKM melakukan pencatatan laporan keuangan dengan benar dan sesuai SAK EMKM yang ada sehinggadapat menciptakan laporan keuangan yang berkualitas dan untuk mengetahui bagaimana para UMKM melakukan proses pengambilan keputusan dalam usahanya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah UMKM yang berada di Semarang Timur, untuk penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Statistik Deskriptif untuk menguji hipotesis yang diajukan. Di dalam penelitian ini menggunakan 2 teori yaitu Teori Stakeholder dan Teori Kepatuhan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebayak 95 UMKM di Semarang Timur, dan menghasilkan data dari aplikasi SPSS dengan hasil (1) SAK EMKM berpengaruh tidak signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan, (2) Kualitas Laporan Keuangan berpengaruh signifikan terhadap Proses Pengambilan Keputusan, (3) SAK EMKM tidak berpengaruh terhadap Proses Pengambilan Keputusan, (4) Kualitas Laporan Keuangan tidak dapat memediasi hubungan SAK EMKM dengan Proses Pengambilan Keputusan. Kata Kunci: UMKM, Laporan Keuangan, SAK EMKM, Pengambilan Keputusan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:11
Last Modified: 24 Jan 2023 03:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27676

Actions (login required)

View Item View Item