Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Importance Performance Competitor Analysis (IPCA) (Studi Kasus : CV. Aris Travel Dan CV. Udin Travel)

Wildani, Faiq (2022) Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Importance Performance Competitor Analysis (IPCA) (Studi Kasus : CV. Aris Travel Dan CV. Udin Travel). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601501097_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601501097_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)

Abstract

CV. Aris Travel merupakan perusahan antar jemput antar povinsi dengan pelayanan kelas ekonomi AC dan Executive. Salah satu kelas Travel (antar jemput antar provinsi) yang banyak diminati oleh pelanggan yaitu kelas ekonomi. Menurut Bapak Aris pemilik perusahaan CV. Aris Travel saat ini pihaknya sedang mengalami penurunan jumlah penumpang sebanyak 30%, penurunan itu terjadi saat akhir 2019. Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap penumpang diketahui adanya ketidakpuasan dari berbagai faktor seperti suara mesin yang mengganggu, bau, rak bagasi tidak memadai, sopir mengemudi ugal-ugalan, kedatangan tidak tepat waktu, kru tidak ramah dan tidak tanggap membantu, sopir dan kru merokok dalam armada serta tidak ada fasilitas pengaduan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kepuasan pelanggan, Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Importance Performance Competitor Analysis. Metode ini merupakan metode yang menggunakan pedekatan diagonal IPA adalah analisis GAP yang membandingkan Skor kinerja (P) dan kepentingan (1) dari sejumlah atribut. Atribut-atribut yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu kendaraan (8 butir pernyataan), supir dan kru (5 butir pernyataan), serta manajemen (5 butir pernyataan). Kinerja rendah yang diberikan CV Aris Travel dibandingkan dengan tingkat kepentingan yang diharapkan penumpang, Hal ini menandakan bahwa terjadi kesalahan pada perusahaan karena harapan penumpang yang tidak terpenuhi atau tidak melebihi ekspektasi tetapi kinerjanya lebih baik dari pesaingnya. Butir-butir pernyataan yaitu K4, K3, SK1, M3, K7, M1, M2, M5, K5. Butir pernyataan tersebut yang masuk dalam kuadran urgent action. Pada kuadran ini perusahaan harus lebih memperhatikan lebih serius dalam memberikan pelayanan sehingga pelanggan merasa puas. Kata kunci : Kepuasan Pelanggan, Importance Performance Competitor Aanlysisis, jasa angkutan, travel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:45
Last Modified: 24 Jan 2023 03:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27674

Actions (login required)

View Item View Item