PROGRAM PARENTING BAGI ORANG TUA SEBAGAI STRATEGI DALAM MEMBINA PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SDIT Nurul Iman Semarang)

Romadlonia, Farhana (2022) PROGRAM PARENTING BAGI ORANG TUA SEBAGAI STRATEGI DALAM MEMBINA PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SDIT Nurul Iman Semarang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21502000003_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

Pokok permasalahan pada penelitian ini ada 3, yaitu: Proses Perencanaan Program Parenting yang dibuat oleh sekolah, Pelaksanaan dan Hasil Dari Progam Parenting bagi Orang Tua Peserta Didik di SDIT Nurul Iman Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022 Penelitian ini dilakukan di SDIT Nurul Iman Banjardowo Genuk Semarang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian analisis kualitatif deskriptif, yaitu peneliti mengamati dan berinteraksi dengan kepala sekolah, guru, dan orang tua peserta didik di SDIT Nurul Iman Semarang dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik deskriptif yang penerapannya dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui kredibilitas data, dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program parenting ini dilakukan oleh kepala sekolah dengan membentuk tim untuk merumuskan tujuan, membentuk program, menentukan waktu pelaksanaan, menentukan teknik mentoring dan evaluasi program. (2) Proses pelaksanaan program parenting bagi orang tua peserta didik di SDIT Nurul Iman Semarang berjalan dengan lancar meskipun ada beberapa kendala. (3) Hasil pelaksanaan program parenting bagi orang tua adalah memiliki pemahaman yang lebih baik dalam mendidik dan mengasuh anak, lebih selarasnya pemahaman antara orang tua dan guru dalam mendidik anak serta terciptanya kerjasama yang lebih baik antara orang tua dan guru. Sementara hasil bagi peserta didik, lebih mandiri, tertib dan disiplin dalam belajar maupun menjalankan ibadah. Kata Kunci: Program Parenting, Orang Tua, Perilaku Keagamaan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:43
Last Modified: 24 Jan 2023 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27669

Actions (login required)

View Item View Item