STUDI MASLAHAH PERBEDAAN KEDUDUKAN ANAK ANGKAT DALAM PEMBAGIAN HARTA WARIS MENURUT KOMPILASI HUKUM ISLAM DAN HUKUM PERDATA

Mudzakiroh, Saillatul (2022) STUDI MASLAHAH PERBEDAAN KEDUDUKAN ANAK ANGKAT DALAM PEMBAGIAN HARTA WARIS MENURUT KOMPILASI HUKUM ISLAM DAN HUKUM PERDATA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30501800071_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Anak merupakan suatu anugerah yang diberikan Allah Swt. yang harus di rawat, dijaga dan dididik, kelak nantinya setiap orang tua akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang telah diajarkan kepada anak oleh Allah Swt. Anak kandung dapat disebut juga dengan anak yang sah. Namun terdapat beberapa pasangan yang tidak bisa memiliki keturunan dan akhirnya melakukan adopsi anak. Pengangkatan anak juga bertujuan untuk kepentingan yang terbaik untuk anak dalam mewujudkan kesajahteraan dan perlingdungan terhadap anak. Perbuatan ini termasuk dalam perbuatan hukum dan akan menimbulakan hukum, salah satu akibat hukum dari pengangkatan anak adalah mengenai status anak angkat tersebut sebagai ahli waris orang tua angkatnya. Sedangkan Anak angkat adalah seseorang yang bukan turunan dari dua orang suami istri yang diambil, dipelihara, dan diperlakukan sebagai anak turunannya sendiri. Dari kasus tersebut peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana perbedaan kedudukan anak angkat dalam KHI dan Hukum Perdata? (2) Bagaimana tinjauan maslahah terhadap ketentuan bagian waris anak angkat dalam KHI dan Hukum Perdata? Dalam menyusun skripsi ini menggunakan jenis penulisan kepustakaan (library research), pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer meliputi dari sumber Al-Qur’an dan Undang-Undang Kompilasi Hukum Islam serta Undang-Undang Hukum Perdata dan data sekuner biasanya diperoleh dari beberapa jurnal serta artikel yang berkait dengan masalah penelitian tersebut. Dan metode analisis penelitian menggunakan library research. Dan hasil penelitian pengangkatan anak dalam kedudukan dan pembagian harta waris menurut KHI dan Hukum Perdata adalah menurut KHI mendapat wasiat wajibah sedangkan Hukum Perdata dapat mewarisi semuanya karena telah diakui sebagai anak kandung. Kata Kunci: Pengangkatan Anak, Anak Angkat, Waris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:42
Last Modified: 24 Jan 2023 03:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27668

Actions (login required)

View Item View Item