PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMITMEN GURU TERHADAP KINERJA GURU PAI DI SD NEGERI KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN

Hidayat, Budi (2022) PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMITMEN GURU TERHADAP KINERJA GURU PAI DI SD NEGERI KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21502000002_fullpdf.pdf

Download (16MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Tujuan penelitian antara lain: 1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi secara parsial terhadap kinerja guru Pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan.2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komitmen secara parsial terhadap kinerja guru agama Islam di Sekolah dasar Negeri Tegowanu Grobogan. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi dan komitmen secara simultan terhadap kinerja guru agama islam di Sekolah dasar Negeri Tegowanu Grobogan. Jenis penelitian ini adalah kuantiatif dengan pendekatan expost facto. Penelitian ini dilakukan di SD N se-Kecamatan Tegowanu Grobogan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini sebagai berikut:1) Angket, dan 2) dokumentasi.Uji Instrumen yang diterapkan yaitu: Uji Validitas, dan Uji Reliabilitas. Dalam penelitian kuantitatif analisis data yang dipergunakan adalah: Analisis Deskriptif, Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Heterokedastisitas, Uji Multikolinieritas, Analisis Regresi Sederhana, dan Analisis Regresi Ganda. Hasil penelitian:1) Terdapat pengaruh kompetensi secara parsial terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Tegowanu Grobogan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 112,998 > Ftabel 4,20. Hal ini menandakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru PAI di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tegowanu diterima. Pengaruhnya kontribusi yang diberikan sebesar 80,1%,2) Terdapat Pengaruh komitmen secara parsial terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Tegowanu Grobogan, hal ini berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 147,913 > Ftabel 4,20. Hal ini menandakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “terdapat pengaruh komitmen guru terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Tegowanu Grobogan” diterima. Pengaruh kontribusi yang diberikan sebesar 84,1%.3) Pengaruh kompetensi komitmen secara simultan terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 89,578 > Ftabel 3,35. Hal ini menandakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “terdapat pengaruh kompetensi dan komitmen guru secara simultan terhadap kinerja guru Pendidikan agama Islam di Sekolah dasar Negeri Tegowanu Grobogan. Pengaruh kontribusi yang diberikan sebesar 85,9%. Kata Kunci: Kopetensi, komitmen guru, kinerja guru Pendidikan Agama Islam, SDN Tegowanu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:58
Last Modified: 24 Jan 2023 02:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27663

Actions (login required)

View Item View Item