LARANGAN NIKAH KARENA WETON CALON SUAMI ISTRI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( Studi Kasus Di Desa Jeruklegi Kulon Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap)

Faizah, Nurul (2022) LARANGAN NIKAH KARENA WETON CALON SUAMI ISTRI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( Studi Kasus Di Desa Jeruklegi Kulon Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30501800065_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Masyarakat di Desa Jeruklegi Kulon yang sampai saat ini masih memegang teguh nilai-nilai budaya Jawa, meskipun sebagian besar penduduknya beragama Islam, namun masih banyak masyarakat yang mempercayai adanya perhitungan weton sebelum dilangsungkan pernikahan. Karena dalam pandangan mereka, weton adalah suatu hal yang sangat sakral dan perlu di perhatikan. Sehingga masyarakat mempercayai bahwa hal tersebut bilamana tidak dilaksanakan maka akan menyebabkan hal yang tidak di inginkan akan terjadi. Meskipun dalam al-Qur’an dan hadits tidak dijelaskan mengenai weton. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan kajian pustaka. Analisis yang digunakan menggunakan metode secara deskriptif kualitatif yaitu suatu prosedur berupa riset yang menggunakan deskriptif data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan pelaku yang dapat diamati. Adat larangan perkawinan karena weton di Desa Jeruklegi Kulon Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap dalam kaidah 'urf bisa dijadikan sandaran hukum. Adapun dalam praktiknya tradisi larangan nikah karena weton bilamana terdapat suatu kemudaratan dan bertentangan dengan nash maupun syara’, maka adat larangan perkawinan karena weton tidak bisa dijadikan sebagai sandaran hukum, dalam tinjauan hukum Islam terhadap larangan perkawinan boleh saja dilakukam asalkan tidak ada kaitannya dengan kemusyrikan. Kata kunci : weton, larangan nikah, hukum Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:56
Last Modified: 24 Jan 2023 02:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27659

Actions (login required)

View Item View Item