ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TURNOVER PADA BAGIAN PRODUKSI DENGAN METODE ANALISIS FAKTOR REGRESI LINEAR BERGANDA (Studi Kasus : Tenaga Borong PT. Idelux Furniture Indonesia)

SARASWATI, ALIFFIANI (2022) ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TURNOVER PADA BAGIAN PRODUKSI DENGAN METODE ANALISIS FAKTOR REGRESI LINEAR BERGANDA (Studi Kasus : Tenaga Borong PT. Idelux Furniture Indonesia). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601501069_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601501069_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah faktor penting bagi perusahaan untuk mencapai tujuan serta targetnya. Karyawan dianggap sebagai sebuah aset utama bagi perusahaan yang memang sudah seharusnya dikelola dengan baik serta memegang peran penting dalam melakukan kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan. Pihak manajemen sumberdaya manusia dalam perusahaan tidak hanya memperhatikan bahan baku, peralatan, mesin produksi tetapi juga perlu memperhatikan aspek pengelolaan sumberdaya manusia. Upaya yang perlu dilakukan salah satunya adalah menekan tingkat turnover guna mempertahankan karyawan-karyawannya. Perputaran karyawan adalah salah satu permasalahan yang sering terjadi pada perusahaan. Permasalahan yang sama juga terjadi pada PT. Idelux Furniture Indonesia. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri furniture yang berlokasi di Kawasan Industri Terboyo Blok E No. 12 Genuk Semarang. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap turnover. Penyebaran kuisioner dilakukan kepada 85 responden dengan menggunakan metode analisis faktor yang kemudian dianalisis kembali dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian terlihat dari uji KMO dan Barlett’s yang menunjukan bahwa nilai KMO sebesar 0,527 dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 yang artinya keseluruhan variabel dapat dianalisis lebih lanjut menggunakan analisis faktor, terdapat 4 variabel yang mempengaruhi turnover yaitu kepuasan kerja, stres kerja, beban kerja, dan lingkungan kerja. Hasil analisis didapatkan bahwa faktor yang terbentuk adalah kepuasan kerja dan stress kerja terlihat dari nilai eigen value > 1 yaitu 1,493 dan 1,135 yang kemudian dianalisis kembali dengan regresi berganda dan didapatkan bahwa kepuasan kerja dan stres kerja berpengaruh secara simultan sebesar 22,90% mempengaruhi terjadinya turnover dan sisanya 77,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti Kata kunci : Turnover Intention, Analisis Faktor, Regresi Linear Berganda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:55
Last Modified: 24 Jan 2023 02:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27657

Actions (login required)

View Item View Item