PERNIKAHAN USIA DINI DAN PENGARUHNYA TERHADAP POLA ASUH ANAK (Studi Kasus di Desa Bumirejo Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak)

Ardiyastuti, Novita (2022) PERNIKAHAN USIA DINI DAN PENGARUHNYA TERHADAP POLA ASUH ANAK (Studi Kasus di Desa Bumirejo Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30501800062_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pernikahan Usia Dini dan Pengaruhnya Terhadap Pola Asuh Anak (Studi Kasus di Desa Bumirejo Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak), Berangkat dari hal tersebut, maka penulis akan menelusuri: 1). Apa faktor - faktor yang melatarbelakangi terjadinya pernikahan usia dini di Desa Bumirejo kecamatan karangawen ? 2). Bagaimana pola asuh anak dalam keluarga pernikahan usia dini di Desa Bumirejo kecamatan Karangawen ? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan (field research) yaitu penelitian yang mengharuskan peneliti terjun ke lapangan langsung untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam keadaan alamiah. Penelitian kualitatif lapangan bertujuan untuk meneliti dan mengetahui bagaimana pernikahan usia dini dan pengaruhnya terhadap pola asuh anak di Desa Bumirejo. Penelitian ini dilakukan secara observasi langsung dengan menitik beratkan pada pernikahan dini dan pengaruhnya terhadap pola asuh anak. Pada hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Faktor keluarga pernikahan usia dini di Desa Bumirejo Desa karanganyar kecamatan karangawen yaitu: faktor ekonomi, faktor hamil diluar nikah, faktor lingkungan dan faktor orangtua. Adapun pengaruhnya terhadap pola asuh anak yaitu pola asuh otoriter, bagi para orang tua pasangan pernikahan dini yang takut anaknya tidak menuruti perintah orang tua, dan ini juga didapati bagi orang tua yang mencontoh orang tuanya waktu mendidiknya diwaktu kecil, sehingga berpengaruh terhadap pola asuh anak yang membuat anak susah diatur dan hubungan dengan orang lain yang kurang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:51
Last Modified: 24 Jan 2023 03:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27644

Actions (login required)

View Item View Item