PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT, PROFITABILITAS TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Sari, Ardini Kartika (2022) PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT, PROFITABILITAS TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401800029_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Kualitas laporan keuangan merupakan media komunikasi sebagai penghubung manajer dengan stakeholder. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh enterprise risk management, profitabilitas terhadap kualitas laporan keuangan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2020. Pemilihan sampel melalui metode purposive sampling pada laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan menghasilkan sampel sejumlah 192. Pengujian hipotesis menggunakan metode analisis regresi moderasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa enterprise risk management berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, profitabilitas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, ukuran perusahaan tidak mampu memperkuat hubungan enterprise risk management terhadap kualitas laporan keuangan dan ukuran perusahaan mampu memperkuat hubungan profitabilitas terhadap kualitas laporan keuangan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan jumlah populasi pada penelitian. Bagi perusahaan disarankan adanya keterbukaan informasi terkait enterprise risk management untuk meminimalisir tindakan kecurangan dan bagi investor perlu memperluas informasi terkait perusahaan sebelum membeli saham suatu perusahaan. Kata Kunci : Enterprise Risk Management, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kualitas Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:50
Last Modified: 24 Jan 2023 03:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27642

Actions (login required)

View Item View Item