ANALISIS PERBEDAAN TARIF INA-CBG DENGAN TARIF RUMAH SAKIT (Studi Kasus pada Pasien Penyakit Jantung Rawat Inap RSI Sultan Agung Semarang)

Archanti, Amelia Rachma (2022) ANALISIS PERBEDAAN TARIF INA-CBG DENGAN TARIF RUMAH SAKIT (Studi Kasus pada Pasien Penyakit Jantung Rawat Inap RSI Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
31401800022_fullpdf.pdf

Download (15MB)

Abstract

Banyak rumah sakit di Indonesia yang telah bekerjasama dengan BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tarif INA-CBG dengan tarif rumah sakit, apa saja penyebab kerugian dari selisih tarif, sejauh mana rumah sakit mengatasi selisih rugi dari perbedaan tarif, dan untuk mengetahui dampak yang terjadi dari perbedaan tarif. Metode yang digunakan yaitu deskriptif analitik, kemudian penentuan sampel menggunakan purposive sampling pada diagnosa primer I25.1 (atherosclerotic heart disease) pada bulan April dan Mei 2021 di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang yang termasuk tipe B dengan regional 1. Hasil penelitian ini yaitu selisih tarif negatif lebih banyak daripada selisih tarif positif, tarif rumah sakit berdasarkan fee for service, sedangkan tarif INA-CBG berdasarkan kode diagnosa dan tindakan, ketepatan dalam menginput kode mempengaruhi perhitungan tarif INA-CBG, pelayanan dokter pada semua pasien sama saja. Setiap pasien memiliki plafon, jumlah kebutuhan obat, BMHP dan LOS yang berbeda, adanya perubahan aturan BPJS, serta cara rumah sakit mengatasi selisih tarif menggunakan clinical pathway. Dampaknya yaitu selisih tarif diperlakukan sebagai dana tabarru’, secara keseluruhan masih mengalami keuntungan, adanya perubahan tarif setelah informasi DPM dan verifikasi data klaim oleh BPJS. Kata Kunci: tarif, tarif INA-CBG, tarif rumah sakit, clinical pathway.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:48
Last Modified: 24 Jan 2023 02:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27636

Actions (login required)

View Item View Item