FAKTOR KEHARMONISAN KELUARGA PASANGAN TKI DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Kutuk Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus)

Yaqin, Muhammad Nurul (2022) FAKTOR KEHARMONISAN KELUARGA PASANGAN TKI DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Kutuk Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30501800058_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)

Abstract

Keharmonisan keluarga adalah hubungan yang harmonis antara anggota keluarga yang saling mencintai dan menyayangi dalam sebuah keluarga. Akan tetapi, menciptakan keluarga yang harmonis tidak mudah, salah satu kendala untuk mencapai keharmonisan dalam keluarga adalah suami istri harus memiliki komitmen satu sama lain meskipun mereka hidup terpisah, sehingga mereka tidak dapat hidup bersama pertemuan tatap muka karena jarak dan waktu mencegahnya hubungan jarak. Islam menawarkan rambu-rambu dalam Al-Qur'an sebagai legitimasi yang dapat dijadikan sebagai pedoman bagi suami istri dalam upaya membangun keluarga yang harmonis, antara lain: Selalu bersyukur, selalu bersabar, saling percaya, saling menasehati, saling menasehati. , saling memaafkan, selalu berprasangka baik, mempererat hubungan dengan keluarga di pihak istri atau suami. Jenis penelitian ini adalah fieldwork atau kerja lapangan dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa keharmonisan keluarga yang tinggal dalam hubungan jarak jauh di Desa Kutuk Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus terjaga dengan baik, upaya atau strategi yang mereka terapkan untuk menjaga hubungan tersebut. Harmoni meliputi: saling peduli, cinta, kepercayaan. , kejujuran, loyalitas, keterbukaan dan komunikasi. Untuk dapat mengantisipasi dampak negatif hubungan jarak jauh pada keluarga TKI di Desa Kutuk Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus dan mampu mewujudkan keharmonisan keluarga yang kita dambakan bersama. Hal ini sesuai dengan aturan Al-Qur'an dan hukum keluarga Islam. Kata Kunci: Pasangan TKI, Keharmonisan Keluarga, Faktor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:47
Last Modified: 24 Jan 2023 02:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27635

Actions (login required)

View Item View Item