KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DEBAT BAGI PESERTA DIDIK KELAS X MA NAHDLATUL ULAMA TENGGULI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SETYANINGRUM, TRI WAHYU (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DEBAT BAGI PESERTA DIDIK KELAS X MA NAHDLATUL ULAMA TENGGULI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800004_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800004_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan tepat dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Observasi awal di MA Nahdlatul Ulama Tengguli bahwa pada materi pembelajaran debat masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan wawancara dengan guru bahwa peserta didik dalam praktik debat kurang memahami esensi debat. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran time token pada keterampilan berbicara debat bagi peserta didik kelas X MA Nahdlatul Ulama Tengguli, (2) mendeskripsikan keterampilan berbicara debat kelas control yang tidak menggunakan model pembelajaran time token pada peserta didik kelas X MA Nahdlatul Ulama Tengguli, dan (3) mendeskripsikan perbandingan keterampilan berbicara debat kelas eksperimen dan control pada peserta didik kelas X MA Nahdlatul Ulama Tengguli. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini yaitu kelas X IPS 1 berjumlah 27 peserta didik (kelas kontrol) dan kelas X IPS 2 (kelas eksperimen) berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan angket respons peserta didik. Hasil keterampilan berbicara debat peserta didik kelas kontrol memperoleh nilai pretest rata-rata 46,59 dan nilai posttest 63,74. Sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai pretest rata-rata 51,97 dan nilai posttest 78,94. Pada kelas kontrol terdapat 27 peserta didik (100%) memperoleh nilai ≤ 69. Saat posttest memperoleh nilai ≤ 69 yaitu 9 peserta didik (33%) tidak tuntas dan nilai ≥ 70 yaitu 18 pesserta didik (67%) dinyatakan tuntas. Sedangkan kelas eksperimen saat pretest memperoleh nilai ≤ 69 yakni 32 peserta didik (32%). Saat posttest memproleh nilai ≤ 69 yakni 2 peserta didik (6%) tidak tuntas dan nilai ≥70 yakni 30 peserta didik (94%) dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil analisis keterampilan berbicara debat peserta didik bahwa dapat diperoleh thitung sebesar -15,254 dengan signifikasi sebesar 0,000 karena sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa model pembelajaran time token efektif diterapkan pada pembelajaran keterampilan berbicara debat peserta didik kelas X MA Nahdlatul Ulama Tengguli. Kata kunci: model pembelajaran, time token, keterampilan berbicara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:29
Last Modified: 24 Jan 2023 02:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27610

Actions (login required)

View Item View Item