ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM TUTURAN TALKSHOW “MATA NAJWA” EDISI DESEMBER 2021 SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER KELAS VIII SMP

Suwartiningsih, Suwartiningsih (2022) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM TUTURAN TALKSHOW “MATA NAJWA” EDISI DESEMBER 2021 SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800003_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101800003_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)

Abstract

Kata kunci: alih kode, campur kode, talkshow, dan implikasi pembelajaran. Dewasa ini penggunaan bahasa dalam berkomunikasi semakin beraneka macam. Pengaruh dari berbagai macam bahasa tidak menutup kemungkinan menyebabkan terjadinya penggunaan dua bahasa bahkan lebih dalam berkomunikasi. Faktor keragaman bahasa, keterbatasan bahasa, bahkan kepopuleran suatu bahasa menjadi penunjang terjadinya penggunaan dua bahasa atau lebih. Sehingga dari faktor tersebut memunculkan adanya gejala alih kode dan campur kode. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk alih kode dan campur kode serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia SMP kelas VIII dengan manfaat untuk mengetahui bagaimana bentuk alih kode dan campur kode serta manfaatnya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik simak catat. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh peneliti, berjumlah 80 data tuturan. Tuturan yang mengandung bentuk alih kode berjumlah 6 data, 4 diantaranya merupakan alih kode ekstern dan 2 data berupa alih kode intern. Bentuk campur kode berjumlah 74 data. Campur kode paling banyak ditemukan dalam tataran kata sebanyak 43 data, pada tataran frasa berjumlah 29 data, dan 2 data pada tataran klausa. Bentuk campur kode lebih banyak ditemukan karena beberapa faktor faktor, diantaranya faktor penutur, penggunaan bahasa yang lebih populer, sera faktor topik dan pembahasan. Hasil dari penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII pada materi teks iklan, slogan, dan poster sebagai media pembelajaran. Bentuk alih kode diimplikasikan sebagai media pembelajaran berbentuk poster, sedangkan bentuk campur kode diimplikasikan sebagai media pembelajaran berbentuk slogan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:27
Last Modified: 24 Jan 2023 02:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27606

Actions (login required)

View Item View Item