STUDI FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERNIKAHAN DIBAWAH UMUR DI KABUPATEN REMBANG (STUDI KASUS : PENGADILAN AGAMA KELAS IB REMBANG TAHUN 2020)

Sirojuddin, Moch. (2022) STUDI FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERNIKAHAN DIBAWAH UMUR DI KABUPATEN REMBANG (STUDI KASUS : PENGADILAN AGAMA KELAS IB REMBANG TAHUN 2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30501800041_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)

Abstract

Fenomena pernikahan di bawah umur merupakan suatu hal yang tidak baru, namun yang perlu di perhatikan dalam pernikahan di bawah umur ini adalah apakah pernikahan ini bisa berjalan harmonis karena pernikahan merupakan hubungan yang mempunyai kecakapan lahir batin supaya keharmonisan rumah tangga akan terbentuk, dalam Undang-undang No.1 tahun 1974 tentang pernikahan disitu mengatur mengenai batas minimum untuk melakukan pernikahan yaitu untuk laki-laki harus sudah berumur 19 tahun dan untuk yang perempuan harus sudah berumur 16 tahun. Pada umunya pernikahan di bawah umur berlangsung dengan keadaan rumah tangganya yang tidak harmonis karena jiwanya belum siap untuk menjadi orang tua, sehingga kemungkinan besar menimbulkan perceraian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan terjadinya pernikahan dibawah umur dan untuk mengetahui bagaimana pertimbangan putusan hakim dalam mengabulkan dispensasi kawin di Pengadilan Agama Kelas IB Rembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menyajikan gambaran mengenai faktor penyebab terjadinya pernikahan dibawah umur dan pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara, observasi. Penelitian ini menghasilkan bahwa pernikahan dibawah umur yang terjadi di Kabupaten rembang disebabkan oleh faktor budaya yang masih melekat pada kehidupanya dan juga karena faktor hamil diluar nikah. Kata kunci: Pernikahan, Bawah Umur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:11
Last Modified: 24 Jan 2023 04:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27600

Actions (login required)

View Item View Item