PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN TAX AVOIDANCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2018-2020)

Diniati, Tina (2022) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN TAX AVOIDANCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2018-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401700166_fullpdf.pdf

Download (776kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel corporate social responsibility, ukuran perusahaan terhadap manajemen laba yang dimediasi oleh tax avoidance. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif berupa data sekunder yang diperoleh melalui situs resmi www.idx.co.id. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018-2020. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang kemudian diperoleh 52 sampel perusahaan manufaktur. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan IBM SPSS 24 dan Smart PLS dengan alat uji analisis.. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba namun ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Selain itu meskipun tax avoidance pada hasil penelitian ini berpengaruh terhadap manajemen laba tetapi tax avoidance tidak mampu memediasi hubungan antara corporate social responsibility dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Kata Kunci: Corporate social responsibility, Ukuran Perusahaan, Manajemen laba, Tax Avoidance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:09
Last Modified: 24 Jan 2023 04:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27596

Actions (login required)

View Item View Item