TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI MEMBAGI ADEP-ADEP DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT ADAT JAWA (Studi Kasus Di Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah)

Misbahudin, Misbahudin (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI MEMBAGI ADEP-ADEP DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT ADAT JAWA (Studi Kasus Di Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30501800037_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Adep Adep dengan Analisis antara hukum Islam dan hukum adat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Etnografi, yang membutuhkan keterlibatan langsung peneliti Komunitas, fokus penelitian ini di Kabupaten Tegal. Adapun teknologi pengumpulan datanya adalah melalui penggunaan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan sumber data sekunder yaitu : Buku, majalah, jurnal, dll. Data yang dikumpulkan oleh penulis untuk memperoleh dan memahami gambaran dan realitas keberadaan, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dari data yang dikumpulkan. Analisis kemudian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan data penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa, Membagi Adep Adep boleh dilaksanakan karena tradisi membagi Adep Adep merupakan simbol identitas masyarakat. Meskipun harus dilestarikan, namun harus disaring dan disesuaikan dengan fikih untuk menghindari konflik antara adat dan fikih. Adat pembagian Adep Adep dapat dilakukan karena telah memenuhi syarat untuk dinyatakan dengan maslahah mursalah, yang artinya tidak melanggar syariat Islam. Kata Kunci : Tradisi perkawinan, adat Jawa, Membagi adep adep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:08
Last Modified: 24 Jan 2023 04:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27592

Actions (login required)

View Item View Item