ANALISIS PERSEPSI DAN PERILAKU PENGGUNA KOMPUTER TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA DENGAN MODERASI INTERNAL LOCUS OF CONTROL (Studi pada Kantor Pemerintahan Desa se-Kecamatan Pucakwangi di Kabupaten Pati)

Pamungkas, Septian Satria Ady (2022) ANALISIS PERSEPSI DAN PERILAKU PENGGUNA KOMPUTER TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA DENGAN MODERASI INTERNAL LOCUS OF CONTROL (Studi pada Kantor Pemerintahan Desa se-Kecamatan Pucakwangi di Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401700152_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensi perilaku penggunaan aplikasi sistem keuangan desa (siskeudes) dengan menggunakan konsep metode dari TAM (Technology Acceptance Model) yang terdiri dari persepsi kemanfaatan, efikasi diri, kecemasan komputer, sikap komputer, serta internal locus of control sebagai variabel pemoderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah aparatur desa pada Kantor Pemerintahan Desa pada Kecamatan Pucakwangi di Kabupaten Pati yang terkait langsung dengan penggunaan aplikasi siskeudes. Jumlah responden adalah 83 orang dengan berbagai jabatan di pemerintahan desa. Hasil penelitian ini didasarkan pada analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan alat olah data SmartPLS 3.0 yang menunjukkan bahwa persepsi kemanfaatan, efikasi diri, kecemasan komputer, dan sikap komputer berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku penggunaan aplikasi siskeudes, namun pengaruh internal locus of control sebagai variabel pemoderasi tidak memberikan pengaruh terhadap variabel persepsi kemanfaatan, efikasi diri, kecemasan komputer, dan sikap komputer terhadap perilaku penggunaan aplikasi siskeudes. Kata kunci : TAM, kecemasan komputer, internal locus of control, dan Siskeudes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:14
Last Modified: 24 Jan 2023 02:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27589

Actions (login required)

View Item View Item