STUDI PRAKTIK NIKAH SIRI SERTA DAMPAKNYA TERHADAP ISTRI DAN ANAK (STUDI KASUS DI DESA SIMO KECAMATAN KRADENAN KABUPATEN GROBOGAN)

Maslukhah, Luluk (2022) STUDI PRAKTIK NIKAH SIRI SERTA DAMPAKNYA TERHADAP ISTRI DAN ANAK (STUDI KASUS DI DESA SIMO KECAMATAN KRADENAN KABUPATEN GROBOGAN). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30501800036_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Faktor yang melatrbelakangi terjadinya nikah siri di Desa Simo Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. 2. Apa saja dampak nikah siri terhadap istri dan anak di Desa Simo Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. Adapun penelitian yang digunakan dalam metode riset lapangan selanjutnya data-data dikumpulkan dengan menggunakan metode interview, dokumentasi, dan observasi. Kemudian di analisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Nikah siri adalah nikah yang tidak disertifikatkan ( dicatatkan dalam dokumen resmi negara) yang berakibat tidak memiliki kekuatan hukum , maka seringkali muncul beberapa persoalan, seperti istri tidak dapat meminta gugatan cerai, serta tidak dapat mendapat hak-hak sebagai istri. Nikah siri tidak hanya berdampak kepada istri n(wanita) tetapi juga berdampak pada anak yang dilahirkan dari pernikahan siri, seperti tidak mendapatkan hak nafkah, warisan, serta hak-hak yang lainnya. Pernikahan siri dengan persoalan yang dapat ditimbulkan, ternyata masih dijadikan alternatif oleh masyarakat desa Simo Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pernikahan siri yang dilakukan di masyarakat Desa Simo Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. Sesuai dengan rumusan masalah diatas, pertama, apa saja faktor yang melatarbelakangi terjadinya nikah siri di Desa Simo Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan kaitannya dengan faktor yang menyebabkan masyarakat Desa Simo Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan, antara lain kurangnya kesadaran terhadap pentingnya hukum pencatatan nikah, rendahnya pendidikan, keinginan untuk berpoligami serta faktor hamil diluar nikah. Kedua, dampak pernikahan siri bagi istri dan anak. Dampak bagi istri ( perempuan ) diantaranya, istri tidak berhak atas nafkah, warisan dan harta gono-gini, muncul persoalan penetapan status istri saat terjadi konflik dan perceraian, dan rasa ketidaknyamanan dalam bermasyarakat. Dampak bagi anak diantaranya, anak tidak mendapat hak dasarnya secara penuh, kurangnya kasih sayang dari kedua orangtuanya secara penuh dan dapat berpengaruh terhadap mental dan perkembangan anak. Kata Kunci : Nikah Siri, kecamatan Kradenan, Grobogan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:13
Last Modified: 24 Jan 2023 02:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27588

Actions (login required)

View Item View Item